Sukses

Catatan Komnas HAM untuk Perpres Pelibatan TNI dalam Penindakan Terorisme

Salah satu yang dipersoalkan Komnas HAM adalah belum adanya aturan prosedur penegakan hukum oleh TNI.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan segera menerbitkan Peraturan Presiden tentang pelibatan TNI dalam penanganan tindak pidana terorisme. Komisioner Komnas HAM Choirul Anam mempunyai beberapa catatan untuk formulasi Perpres itu.

Menurut Choirul perpres harus memberi batasan jelas waktu pelibatan TNI dalam penanganan terorisme. TNI, kata dia, tidak bisa terlibat secara permanen.

"Sifat temporarinya harus clear tidak boleh permanen. Karena dalam beberapa perdebatan pelibatannya permanen," kata Choirul dalam diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (26/5/2018).

Poin berikutnya, teknis pelibatan TNI harus diatur ketat. Komnas HAM menyatakan TNI hanya bisa diterjunkan dalam skala tertentu saja.

Sebab, konteks penanganan terorime di Indonesia adalah penegakan hukum. Dengan demikian, kepolisian tetap menjadi agen utama penindakan.

TNI hanya diperbantukan ketika kepolisian sudah tidak bisa mengatasi terorisme. "Kalau polisi masih mampu melakukan itu ya polisi agen utamanya. Saya rasa ini di Perpres harus dipertegas," imbuh Choirul.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aturan Penegakan Hukum dalam TNI

Terakhir, Komnas HAM mempertanyakan bagaimana penegakan hukum terhadap anggota TNI, jika dalam teknisnya terjadi pelanggaran. Menurut Choirul, aspek ini belum jelas.

Ia membandingkan dengan apa yang berlaku di kepolisian. Anggota Polri, kata dia, terikat aturan yang tertuang dalam KUHAP.

Sementara, anggota militer tidak bisa diseret ke dalam peradilan pidana umum. "Yuridiksi kira belum bisa menyentuh aspek-aspek militer," tutupnya.

Reporter: Ahda Bayhaqi 

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.