Sukses

Menkumham Harap Pembangunan Lapas Teroris di Karanganyar Rampung Tahun Ini

Dua lokasi disiapkan untuk pembangunan lapas, yakni di Cikeas, Jawa Barat; dan Karanganyar, Jawa Tengah.

Fokus, Jakarta - Pemerintah menargetkan pengesahan Revisi Undang-Undang (RUU) Terorisme akan rampung pekan ini menyusul tahapan pembahasan Revisi Undang-Undang terorisme di DPR hampir final. Pemerintah juga akan membangun lapas khusus teroris dengan tingkat keamanan tinggi agar tragedi di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, tidak terulang.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (24/5/2018), Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) akan menggelar rapat kerja bersama Pansus RUU Terorisme Kamis hari ini. Raker akan membahas kemungkinan melampirkan dua opsi draf revisi UU yang akan dibawa ke Rapat Paripurna Dewan.

Meski ada ketidaksepahaman mengenai definisi, Yasonna Laoly yakin semua unsur TNI dan Polri sudah mencapai kesepakatan.

Masalah lain yang menjadi perhatian pemerintah, yakni pembangunan lapas khusus terorisme. Dua lokasi disiapkan untuk pembangunan lapas yakni di Cikeas, Jawa Barat; dan Karanganyar, Jawa Tengah.

Nantinya masing masing sel diisi satu narapidana dengan tingkat keamanan tinggi dan dilengkapi sensor tubuh untuk mendeteksi siapa yang keluar masuk lapas.

"Saya mengajak temen-temen fraksi kita sama-sama membahasnya. Dan ini karena menyangkut kepentingan negara. Ada 5 hektare lahan akan didirikan Lapas sekuriti maksimum di Karanganyar dan sekarang pengerjaannya sudah mencapai 40 persen dan kita usahakan selesai tahun ini," ujar Menkumham Yasonna Laoly.