Sukses

Pagi Ini Ryamizard Ryacudu Dilantik

Liputan6.com, Jakarta: Teka-teki siapa yang bakal menggantikan Jenderal TNI Endriartono Sutarto sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat terjawab sudah. Panglima Komando Cadangan Strategis TNI AD Letnan Jenderal Ryamizard Ryacudu-lah orangnya. Dijadwalkan, Presiden Megawati Sukarnoputri akan melantik lulusan Akademi Angkatan Bersenjata RI 1974 itu sebagai KSAD di Istana Negara, Jakarta, Selasa (4/6) pagi.

Pengangkatan bekas Komandan Peleton Komando Daerah Militer XII Tanjungpura ini sebagai KSAD tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 26/TNI/1 Juni 2002 yang diterima Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin kemarin [baca: Letjen Ryamizard Ryacudu Menemui Jenderal Endriartono Sutarto]. Menurut Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal Sjafrie Sjamsoeddin, keputusan ini sesuai dengan kebijakan regenerasi kepemimpinan di tubuh TNI dan tak bermuatan politis [baca: Letjen Ryamizard Ryacudu KSAD Baru].

Sjafrie menjelaskan, Mabes TNI juga sudah menggelar Sidang Dewan Jabatan dan Kepangkatan Perwira Tinggi (Wanjakti) buat mengisi kekosongan jabatan Pangkostrad yang ditinggalkan Ryamizard. Juga posisi Wakasad yang melompong setelah Letjen Kiki Syahnakri pensiun. Tapi, ia enggan membeberkan nama-nama calon pengisi dua jabatan tadi. Direncanakan, serah terima jabatan KSAD baru digelar di Parkir Timur Senayan, 6 Juni mendatang.

Dukungan atas pengangkatan menantu mantan Wapres Tri Sutrisno ini pun mengalir dari berbagai kalangan. Ketua MPR Amien Rais, misalnya. Amien mengatakan, Ryamizard pantas menjadi KSAD. Menurut dia, bekas Panglima Komando Daerah Militer Jaya itu adalah sosok tentara profesional. "Dia tak pernah mau berkecimpung di dunia politis," Ketua Umum Partai Amanat Nasional ini memuji.(ICH/Tim Liputan 6 SCTV)