Sukses

Gempa 3,6 SR Goyang Sukabumi, Masyarakat Diimbau Tenang

Gempa bumi tektonik menggoyang wilayah Sukabumi pada pukul 06.22 WIB, Senin (1/5/2018).

 

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi tektonik menggoyang wilayah Sukabumi pada pukul 06.22 WIB, Senin (1/5/2018). Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan lindu tersebut berkekuatan 3,6 skala Richter.

Kepala BMKG Wilayah II Tangerang Selatan Joko Siswanto mengungkap, koordinat episenter gempa berada pada 7,33 LS dan 106,32 BT. Tepatnya berlokasi di darat pada jarak 46 km arah barat daya Kota Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 10 km.

"Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan berupa guncangan lemah," ujarnya.

Berdasarkan laporan masyarakat, imbuh Joko, gempa dirasakan di daerah Kabupaten Sukabumi, Sagaranten, Curug Kembar, Cicurug, Cibadak, Warungkiara dalam skala intensitas I SIG-BMKG (I-II MMI). Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempabumi.

"Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini merupakan lindu dengan kedalaman dangkal akibat sesar lokal di wilayah Sukabumi," kata Joko.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2 Gempa Susulan

Ia megungkap, hingga pukul 07.00 WIB, Hasil monitoring BMKG mencatat 2 gempa bumi susulan (aftershock).

"Kepada masyarakat di sekitar wilayah Sukabumi diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya," Joko memungkasi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.