Sukses

Jalur Bandung-Cianjur Selatan Sudah Bisa Dilewati Kendaraan

Liputan6.com, Cianjur - Jalur Selatan Kabupaten Cianjur-Kabupaten Bandung sudah bisa dilalui kendaraan setelah sempat tutup dua hari akibat longsor.

Ruas Ciwidey-Cidaun itu kembali normal setelah empat alat berat dikerahkan menyingkirkan material longsor di tiga titik lokasi tepatnya di Desa Wangunjaya, Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

"Sudah normal, bisa dilalui kendaraan sejak Sabtu kemarin," kata Kepala BPBD Kabupaten Cianjur Dodi Permadi, Minggu (29/4/2018).

Tiga kendaraan jenis truk yang sempat terjebak di tengah longsoran pun sudah dievakuasi dan dibawa oleh para pemiliknya.

Namun demikian, pengguna jalan diimbau tetap waspada saat melintas, terutama ketika hujan turun lebat. Sebab, jalur utama yang menghubungkan Bandung-Cianjur Selatan masih rawan longsor dan badan jalan masih licin akibat sisa lumpur.

"Dinas terkait sedang berupaya memasang rambu karena di jalur itu rawan longsor," kata dia.

 

2 dari 2 halaman

Banjir dan Longsor

Tanah longsor dan banjir bandang melanda wilayah Selatan Kabupaten Cianjur pada 25 April 2018.

BPBD mencatat, banjir yang terjadi di Desa Kertajadi, Kecamatan Cidaun mengakibatkan 1 unit rumah rusak berat, 1 unit rumah rusak sedang, dan 16 rumah rusak ringan. Sementara 124 rumah yang dihuni 156 KK atau 484 jiwa terendam.

"Sebanyak 7 KK atau 19 jiwa sampai sekarang masih mengungsi di rumah saudara mereka," beber Dodi.

Banjir bandang akibat luapan Sungai Cidamar juga mengakibatkan tanggul sepanjang 123 meter jebol. Sawah seluas 10 hektar dan 1 kolam pemancingan dan 4 kolam ikan milik warga setempat rusak karena terendam banjir. Saluran irigasi untuk mengairi sawah pun rusak berat.

Sedangkan bencana tanah longsor di Desa Wangunjaya, Kecamatan Naringgul mengakibatkan 2 rumah rusak berat, 1 rusak sedang, 4 rusak ringan, dan 23 rumah terancam longsor.

Lahan perkebunan, sawah, dan kolam ikan rusak akibat tertimbun material longsor.

Longsor juga menutup ruas Ciwidey-Cidaun. Akibatnya, jalan utama yang menghubungkan Kabupaten Bandung dengan wilayah Selatan Kabupaten Cianjur tak bisa dilalui kendaraan selama dua hari. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: