Sukses

Menhumkam Dorong Masyarakat Hak Patenkan Hasil Karyanya

Penghargaan diberikan Kemenhumkan diantaranya kepada PT Pertamina persero yang meraih Wipo Ip Enterprise Trophy sebagai BUMN dengan hak paten terbanyak yakni 41 paten.

Fokus, Jakarta - Dalam acara menyambut Hari Kekayaan Intelektual Sedunia ke 18 yang digelar di Istana Wakil Presiden Kemenkumham memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh. Penghargaan diberikan Kemenhumkan diantaranya kepada PT Pertamina persero yang meraih Wipo Ip Enterprise Trophy sebagai BUMN dengan hak paten terbanyak yakni 41 paten.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (27/4/2018), penghargaan juga diraih Muhammad Farid Husein atas prestasinya memenangkan lomba desain Medali Youth Olympic 2018 serta penghargaan kepada penyanyi Rossa sebagai insan seni. Kemenkumham mendorong masyarakat untuk mendaftarkan hasil karyanya yang original agar tidak diklaim atau dibajak pihak lain.

"Senang bahwa Pertamina menjadi salah satu yang banyak hak patennya yang didaftarkan. Kita mendorong sekarang kolaborasi industri dan universitas kita dorong supaya hasil inovasinya bisa dipakai industri. Ini yang paling penting dan mendorong supaya orang-orang mau menciptakan," Ujar Menhumkam Yasonna Laoly.

Acara juga digelar di kawasan Monas Jakarta. Dalam ajang ini dipamerkan produk inovatif dan kreatif dari seluruh Indonesia termasuk kopi. Masyarakat juga berkesempatan untuk mendaftarkan hak paten, merek, dan hak ciptanya melalui layanan kilat sehari. Syaratnya cukup membawa KTP contoh ciptaan serta pernyataan kepemilikan hak cipta. Biayanya antara Rp 200 ribu hingga Rp 400 ribu.