Sukses

Wakapolri Ancam Copot Kapolda dan Kapolres Tak Becus Berantas Miras Oplosan

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan warga telah meninggal dunia akibat minuman keras atau miras oplosan. Mereka yang menjadi korban miras oplosan tersebar di wilayah Indonesia.

Menanggapi hal itu, Wakapolri Komjen Pol Syafruddin meminta agar anak buah agar cepat memberantas miras oplosan sampai ke pelosok desa. Karena sebentar lagi sudah memasuki bulan Ramadan (puasa). Jika tidak, akan ada hukuman untuk anak buahnya.

"Kalau dia tidak serius (berantas miras), ya kita ganti," kata Syafruddin usai melakukan olahraga bersama atlet Asean Games di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (15/4).

Ia tak segan mencopot kapolda atau kapolres setempat jika tak serius menangani atau memberantas miras oplosan. Itu sudah dibuktikan di Sulawesi Tengah.

"Kalau enggak serius, saya sudah buktikan. Seperti kejadian Sulawesi Tengah, saya bilang Kapolresnya saya copot, Kapoldanya ganti, kan jadi kenyataan kalau enggak serius menangani miras ya," tegas dia.

Dia menjelaskan, proses itu dilakukan setelah adanya laporan valid terkait keseriusan petinggi kepolisian setempat dalam memberantas miras oplosan. Selain itu, pihaknya juga akan melakukan investigasi.

"Apa boleh buat tapi kalau tidak serius ada laporan akurat tidak serius ya kita ganti, Kapolda (Sulteng) itu kan hanya tiga bulan kita ganti demikian pula miras ya," ujra dia.

Jika kapolda hingga kapolsek setempat serius menangani miras oplosan, ia akan memberikan apresiasi.

"Kita bisa tahu bahwa ini serius, ini tidak. Ya walaupun kejadiannya besar, tapi pimpinannya di daerah itu serius ya kita apresiasi," ujarnya.

 

1 dari 2 halaman

Turunkan Tim ke Daerah

Untuk itu, ia meminta semua jajaran di daerah untuk serius menangani hal ini. Agar keseriusan mereka terlihat, Polri menurunkan tim ke daerah untuk memantau penindakan kasus ini.

"Saya sudah sampaikan seluruh Kapolda, saya sudah bicara tolong serius bukan serius hanya memerintahkan tapi kita turunkan tim dari Mabes untuk melihat keseriusan para Kapolda, Kapolres kalau ada satu ini serius," kata dia.

Syafruddin menungkapkan, saat ini yang sudah terlihat serius dalam menangani miras oplosan yaitu wilayah Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Barat. Dirinya ingin agar wilayah yang lain bisa menirunya.

"Saya lihat di Jabar itu sampai polsek-polsek, operasi besar-besaran saya apresiasi kepada Kapolda Jabar dan Kapolda Metro Jaya, itu jadikan proyek, jadikan contoh," tandas Syafruddin.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Polri dan BPOM Diminta Perketat Pengawasan Bahan Miras Oplosan
Artikel Selanjutnya
Polres Jakarta Timur Tangkap 2 Pembuat Miras Oplosan