Sukses

Zumi Zola Ditahan, Roda Pemerintahan di Jambi Tetap Normal

Meski Zumi Zola ditahan, Pemprov Jambi menegaskan tetap memberikan pelayanan normal kepada masyarakat.

Liputan6.com, Bengkulu - Gubernur Jambi Zumi Zola resmi menyandang status tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sejak Senin malam, 9 April 2018. Meski sang gubernur ditahan, Pemprov Jambi menegaskan tetap memberikan pelayanan normal kepada masyarakat.

Hal ini ditegaskan Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar usai mendengar bahwa Gubernur Zumi Zola resmi ditahan komisi antirasuah di Jakarta.

"Seluruh ASN (aparatur sipil negara) harus tetap fokus bekerja sesuai tupoksi," ujar Fachrori di Jambi, Senin, 9 April 2018.

Salah satu fokus utama yang tengah dikejar adalah target menyelesaikan visi dan misi Jambi Tuntas 2021. Target tersebut sebelumnya sudah disusun oleh Zumi Zola bersama Fachrori Umar saat memastikan diri sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi terpilih pada 2016 lalu.

"Saya mengajak seluruh Fokompinda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) di Jambi bahu-membahu bersinergi untuk terus membangun Jambi," ucap Fachrori.

Doa untuk Zumi Zola

Tak lupa, mantan hakim pengadilan tinggi agama ini juga mendoakan Zumi Zola agar diberikan ketabahan melewati proses hukum yang tengah dijalaninya.

"Saya sekeluarga mengajak seluruh lapisan masyarakat di Jambi untuk memberikan doa dan semangat serta dukungan agar beliau (Zumi Zola) tetap sabar dan tegar," ujar Fachrori.

Ditahannya Gubernur Zumi Zola menuai banyak reaksi di masyarakat di Jambi. Meski sudah dipastikan ditahan KPK, masih banyak warga yang mengaku tak percaya.

"Seperti tak percaya, baru kemarin saya lihat Pak Gubernur (Zumi Zola) di suatu acara. Kini sudah ditahan KPK. Semoga beliau tetap sabar dan tegar," ujar Suratman, salah seorang warga Kotabaru, Kota Jambi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Yakin Tak Bersalah

"Sampai saat ini saya masih yakin Pak Gubernur (Zumi Zola) tidak bersalah, dia hanya korban," tulis salah seorang warganet Jambi di laman Facebook.

Banyak yang sedih tak percaya, tapi tak sedikit pula yang merasa puas akan kinerja KPK memberantas korupsi di Jambi.

"Ini membuktikan Jambi menjadi ladang subur para koruptor. KPK harus usut tuntas, jangan berhenti di sini," ujar salah seorang mahasiswa asal Jambi di Jakarta yang enggan ditulis namanya.

Ia mengatakan, sudah sejak lama meyakini Zumi Zola bakal ditahan penyidik KPK. Bahkan sejumlah mahasiswa Jambi yang ada di Jakarta beberapa kali juga menggelar aksi demonstrasi di depan gedung KPK untuk menuntut Zumi Zola segera ditahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.