Sukses

Melihat Rumah Pembuat Miras Oplosan Ginseng di Duren Sawit 

Kini, rumah kontrakan yang didominasi cat hijau itu sudah digaris polisi.

Liputan6.com, Jakarta - Rumah kontrakan di Gang Bumi Raya 1 Nomor 105 RT 004 RW 03 Duren Sawit, diduga jadi salah satu lokasi pembuatan atau pengoplosan minuman keras (miras) jenis ginseng atau dikenal dengan istilah GG di Jakarta Timur.

Pantauan Liputan6.com, Kamis (5/4/2018), rumah berukuran sekitar 2,5 x 6 meter itu berada di dalam gang buntu kawasan padat penduduk. Jalan gang yang hanya cukup dilintasi satu kendaraan roda dua membuat kontrakan para pelaku miras oplosan tak tercium aparat.

Kini, rumah kontrakan yang didominasi cat hijau itu sudah digaris polisi. Hanya ada beberapa pasang sandal jepit terlihat di depan rumah. Dari penuturan warga sekitar, rumah kontrakan tersebut telah kosong sejak dua hari kemarin.

"Udah kosong. Yang tinggal anak-anak muda. Sebulannya Rp 1 juta," kata warga berinisial W saat berbincang dengan Liputan6.com.

Menurut dia, para penghuni menghilang tidak lama usai ramainya pemberitaan banyaknya korban tewas diduga usai miras GG. Meski awalnya W tidak tahu apa yang diperbuat oleh para penghuni.

"Kosong langsung. Mungkin udah pada ngerasa juga kali, ketakutan," ujar pria yang mengaku mengenal beberapa penghuni rumah tersebut.

Warga sekitar menyebut ada tiga sampai 4 pria berusia muda yang tinggal di rumah tersebut. Keempatnya juga belum lama tinggal. Para penghuni juga dikenal ramah dengan para tetangga. Dan tak ada gerak-gerik mencurigakan.

"Paling setengah tahun. Belum lama juga ngontraknya. Kalau ketemu saya sih senyum, baik juga ya ramah lah sama orangtua," ujar seorang ibu yang enggan menyebutkan namanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Ada Pesta Miras

 

Dia melanjutkan, selama tinggal di kawasan tersebut tidak ada aktivitas yang menonjol yang dilakukan para penghuni. Tidak ada wanita maupun pesta di rumah itu.

"Baik juga, nggak macam-macam. Nggak ada juga pesta miras atau apaan gitu," tutur dia.

Selain sandal, ada beberapa galon air yang bersandar di pojok kiri depan rumah. Ada tiga botol yang berisi air dan sisanya kosong. Namun bau atau aroma alkohol keluar dari mulut galon.

Galon itu juga diduga jadi sarana para pelaku mengoplos minuman. Seorang warga sekitar menyebutkan, dalam penggeledahan yang digelar semalam, polisi mengamankan banyak barang bukti.

"Itu galonnya aja bau alkohol. Pas semalam galon dikeluarin sama polisi sama puluhan botol minuman soda," ujar warga tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.