Sukses

Tiga Tempat di Kemusuk Sambut Kedatangan Jenazah Probosutedjo

Persiapan di Museum Soeharto sampai dengan siang hari sudah mencapai 70 persen. Pekerja tampak memasang tenda di halaman Museum Soeharto.

Liputan6.com, Yogyakarta - Jenazah pengusaha Probosutedjo diperkirakan tiba di Yogyakarta pada pukul 17.00 WIB. Rencananya, almarhum akan dimakamkan di Makam Somenggalan, Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Bantul, yang berjarak 300 meter dari Museum Soeharto.

"Kalau waktunya tepat akan dimakamkan pukul 17.30 WIB, tetapi kalau tidak mungkin selepas isya," ujar Gatot Nugroho, Wakil Kepala Museum Soeharto, Senin (26/3/2018).

Persiapan di Museum Soeharto sampai dengan siang hari sudah mencapai 70 persen. Pekerja tampak memasang tenda di halaman Museum Soeharto. Karpet berwarna hijau juga sudah digelar di Pendopo. 

Selain pendopo, rumah Probosutedjo di Kemusuk juga disiapkan untuk tempat menyalatkan jenazah. Tujuannya, sewaktu-waktu bisa terjadi perubahan tempat.

"Saya menyiapkan tiga tempat, selain pendopo museum dan rumah milik Probosutedjo di Kemusuk, juga sudah disiapkan tempat di areal pemakaman," ucapnya.

Gatot menuturkan keluarga besar Probosutedjo akan datang. Jumlahnya belum bisa dipastikan, tapi mereka memakai dua pesawat terbang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rencana Kedatangan Jokowi

Terkait rencana Presiden Jokowi akan datang ke Yogyakarta, ia belum bisa memastikan. Namun, apabila Jokowi datang, pengelola museum sudah siap untuk berkoordinasi dengan protokoler maupun Paspampres.

Gatot mengaku belum mengetahui secara pasti acara setelah pemakaman. Ia masih menunggu koordinasi dari keluarga Probosutedjo di Jakarta.

Probosutedjo mengembuskan napas terakhir di RSCM Jakarta pada Senin pagi. Ia disemayamkan di rumah duka terlebih dahulu yang berada di Jalan Diponegoro Jakarta.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.