Sukses

Kapal TNI AD Tenggelam Berkapasitas 31 Penumpang dan 3 ABK

Liputan6.com, Jakarta - Seluruh awak dan penumpang kapal motor cepat (KMC) milik Kodam Jaya yang tenggelam di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, kondisinya selamat.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Selasa (13/3/2018), detik-detik tenggelamnya kapal motor milik TNI, Senin siang kemarin terekam kamera amatir. Kapal tenggelam setelah kemasukan air karena mesin kapal mati.

Nampak sejumlah prajurit melompat ke laut, sementara KMC bernomor 1605 ini berubah posisi menjadi vertikal dan terus tenggelam.

Dari data Kepala Staf Kodam Jaya Jayakarta Brigjend TNI Harianto Syahputra tercatat, ada sekitar 115 personel TNI dan bersama para istri di dua kapal milik Kodam Jaya. Mereka berangkat dari Jakarta dalam rangka mempersiapkan acara ulang tahun persatuan istri prajurit TNI. 54 penumpang kapal yang tenggelam berhasil diselamatkan.

KMC Komando TNI yang tenggelam di Kepulauan Seribu dibuat tahun 2013 di galangan PT Tesco Indomaritim. Kapal ini berbahan aluminium dengan panjang keseluruhan berjumlah 17,6 meter, lebar 4,2 meter, dan tinggi 2,15 meter.

Kapal berkapasitas 31 penumpang dan tiga ABK ini dijual dengan harga Rp 12 miliar per unit. Hasil karya anak bangsa ini dibuat sebanyak 10 unit dan dapat dioperasikan di daerah rawa, laut, sungai, dan pantai.