Sukses

Antusiasme Warga Saksikan Karnaval Cap Go Meh di Glodok

Wiwin mengaku sudah berada di lokasi karnaval Cap Go Meh sejak pukul 12.30 WIB. Panasnya cuaca tidak menghalangi semangatnya menyaksikan pawai budaya ini.

Liputan6.com, Jakarta - Warga memadati kawasan Glodok, Jakarta Barat untuk menyaksikan Karnaval Budaya Nusantara Cap Go Meh Glodok 2018, Minggu (4/3/2018). Karnaval ini dimulai dari depan LTC Glodok Jalan Hayam Wuruk, putar balik di Harmoni, masuk ke Jalan Gadjah Mada sampai titik finish di depan Hotel Novotel.

Masyarakat antusias menyaksikan karnaval. Seperti Wiwin yang berasal dari Cengkareng. Perempuan 38 tahun ini rela mengendarai motor mengajak anaknya untuk menyaksikan karnaval Cap Go Meh ini.

Wiwin mengaku sudah berada di lokasi karnaval sejak pukul 12.30 WIB. Panasnya cuaca tidak menghalangi semangatnya menyaksikan pawai budaya ini.

"Saya sudah rutin nonton sejak 2016. Jadi memang sudah nungguin," kata Wiwin kepada Liputan6.com.

Warga menyaksian Cap Go Meh 2018 di Glodok, Jakarta Barat (Liputan6.com/ Yunizafira Putri)

Dia mengatakan, acara Karnaval Cap Go Meh ini sangat bagus karena bisa membangun kesatuan dan persatuan NKRI. Selain itu, dalam acara karnaval ini tidak memandang golongan manapun.

"Acara lancar, tapi kurang tertib. Itu ada masyarakat yang nyerbu ke arak-arakan, panitia kesulitan ngatur. Ini harus diperbaki," kata dia.

Sementara, warga lainnya yang menonton adalah Eli. Bersama teman-teman gerejanya, dia sengaja datang dari Kwitang, Jakarta Pusat untuk menyaksikan karnaval. 

Warga menyaksikan Cap Go Meh 2018 di Glodok, Jakarta Barat (Liputan6.com/ Yunizafira Putri)

Perempuan 45 tahun ini mengaku tahu acara Karnaval Cap Go Meh ini dari mulut ke mulut. Hingga akhirnya bersama teman-temannya memutuskan menyaksikannya sepulang gereja.

"Acara ini menarik ya. Memperlihatkan keberagaman, walaupun Cap Go Meh, tapi hampir semua budaya dan suku diangkat di karnaval. Bagus," kata dia.

Dia pun berharap, acara karnaval yang memperlihatkan keanekaragaman suku dan budaya ini membuat Indonesia makin bersatu.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan Menko Puan

Sejumlah pejabat negara ikut memeriahkan Karnaval Cap Go Meh di Glodok, Jakarta Barat, Minggu (4/3/2018). Mereka antara lain Menko PMK Puan Maharani, Ketua MPR Zulkifli Hasan, DPR Bambang Soesatyo, Ketua DPD Oesman Sapta Odang, dan Menkominfo Rudiantara.

Dalam kesempatan itu, masing-masing pejabat diberi kesempatan mengucapkan selamat tahun baru Imlek. Mereka juga menyampaikan sambutannya.

Puan Maharani berpesan agar seluruh rakyat Indonesia tetap menjaga keutuhan NKRI, Pancasila, dan Bhineka Tunggal Ika.

"Kita ini satu saudara, satu bangsa, satu Tanah Air, satu Indonesia, satu merah putih," ucap Puan.

Putri Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri ini juga berpesan agar masyarakat yang ikut memeriahkan Cap Go Meh tetap menjaga keamanan, ketertiban, dan kebersihan bersama. "Kita buktikan gotong royong, satu Indonesia," kata dia.

Sementara Zulkifli Hasan menyatakan bahwa Indonesia merupakan bangsa yang berwarna-warni, beragam suku dan budaya. Meski berbeda, namun bangsa Indonesia sepakat untuk saling memahami.

"Indonesia adalah bangsa yang toleran, bukan intoleran. Yang ingin mengadu kita, mengoyak kita, mari katakan tidak. Kita lawan mereka," ujar Zulkifli.

Acara karnaval ini dibuka dengan ditandai pemukulan bedug yang dilakukan Menteri Puan, didampingi Zulkifli, Bamsoet, OSO, Rudiantara. Selanjutnya, mereka mengikuti iring-iringan pawai Cap Go Meh dengan menaiki mobil hias.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.