Sukses

Bertemu Dubes Jepang, MPR Ingin Kerja Sama 60 Tahun Dilanjutkan

Zulkifli pun menyampaikan dukungan agar kerja sama dengan Jepang yang sudah terjalin selama 60 tahun ini dapat terus dilanjutkan.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua MPR Zulkifli Hasan menerima kedatangan Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii. Dalam kesempatan tersebut, Masafumi menyampaikan rasa terima kasihnya atas 60 tahun kerja sama Indonesia selama ini.

"Kepercayaan rakyat Indonesia pada Jepang adalah modal kami untuk meningkatkan kualitas pembangunan di Indonesia lebih baik," ujar Masafumi di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Kamis (22/2/2018).

Zulkifli pun menyampaikan dukungan agar kerja sama dengan Jepang yang sudah terjalin selama 60 tahun ini dapat terus dilanjutkan. Dia memuji, pembangunan Jepang di Indonesia selalu mengutamakan tenaga kerja Indonesia

"Ketika Jepang bangun kerjakan proyek di Indonesia, mereka utamakan pekerja Indonesia. Bukan malah membawa tenaga kerja mereka sendiri. Yang benar harusnya begini," ucapnya.

Pertemuan yang dilangsungkan secara tertutup itu menurut Zulkifli, membicarakan agar kerja sama dengan Indonesia dapat terus berjalan dan ia mendukung penuh.

"Dia (Masafumi) mengatakan tadi, mungkin harga mereka lebih mahal tapi kualitas selama 60 tahun kan belum pernah ada yang rusak, belum ada yang rubuh, jadi saya bilang saya mendukung penuh kerja sama Indonesia-Jepang, win win," terang Ketua MPR ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerja Sama

Zulkifli berharap, kerja sama dengan Jepang ini juga dapat menular ke negara lain. Dengan mencontohkan Jepang yang hanya mengirimkan tenaga ahlinya saja, tidak semua orang diturut sertakan.

"Itu yang saya puji kerja sama Indonesia dengan Jepang, itu yang kita harapkan dari Tiongkok juga, jangan bawa gelondongan, kalau bawa tenaga kerja utuh, itu bisa menimbulkan kesenjangan dari Indonesia. Oleh karena itu saya berharap 60 tahun ini hubungan kita lebih baik, kita tingkatkan lagi di berbagai bidang," papar dia.

Politikus PAN ini menegaskan pentingnya transfer of knowledge atau proses saling belajar dalam kerja sama pembangunan di Indonesia.

"Salah satu prioritas kerja sama dengan Jepang adalah memberikan pengetahuan pada tenaga kerja Indonesia. Sehingga ke depannya, kita bisa mandiri dalam membangun," jelas Zulkifli.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.