Sukses

Presiden Melantik KSAL dan KSAU Baru

Liputan6.com, Jakarta: Presiden Megawati Sukarnoputri melantik Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Bernard Kent Sondakh dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Chappy Hakim di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (25/4). Upacara pelantikan yang dimulai pukul 09.00 WIB itu dihadiri Wakil Presiden Hamzah Haz, Ketua DPR Akbar Tandjung, Ketua Mahkamah Agung Bagir Manan, dan sejumlah anggota Kabinet Gotong Royong.

Acara pelantikan diawali dengan pengumandangan lagu Indonesia Raya. Setelah itu pembacaan Keputusan Presiden Nomor 20/TNI/2002 tertanggal 23 April 2002 mengenai Pergantian KSAL dan KSAU yang dibacakan Sekretaris Militer Kepresidenan T.B. Hasanuddin [baca: KSAL dan KSAU Baru Diumumkan]. Sedangkan pengambilan sumpah jabatan langsung dilakukan oleh Presiden Megawati.

Laksamana Bernard Kent yang sebelumnya menjabat Inspektur Jenderal TNI kini menjabat KSAL menggantikan Laksamana TNI Indroko Sastrowiryono. Sedangkan Marsekal TNI Chappy Hakim yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Jenderal Akademi TNI menggantikan Marsekal TNI Hanafie Asnan. Pergantian KSAL dan KSAU dilakukan karena pejabat yang lama memasuki masa pensiun.

Bernard adalah lulusan Akademi TNI 1970. Dalam karir militernya, pria kelahiran Tobelo, Maluku Utara, 9 Juli 1948 itu pernah mengikuti pendidikan di Belanda dan Belgia. Ia juga pernah memasuki Sekolah Komando (Sesko) ABRI 1993/1994 dan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) pada 2000.

Sedangkan Chappy adalah lulusan Akademi TNI AU tahun 1971. Lelaki kelahiran Yogyakarta, 17 Desember 1947 ini pernah mengikuti pendidikan penerbangan di Inggris pada 1984. Ia juga sempat memasuki Sesko ABRI 1997 dan Lemhanas 1998.(ULF/Olivia Rosalia dan Hendro Wahyudi)