Sukses

Anies Baswedan Dilantik Jadi Pendekar Kehormatan Tapak Suci

Saat pelantikan, Anies Baswedan mengucapkan sumpah Pendekar Kehormatan Tapak Suci Putera Muhammadiyah.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dilantik menjadi Pendekar Kehormatan Tapak Suci Putera Muhammadiyah. Pelantikan ini dilakukan di Gedung Pusat Muhammadiyah, Jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat.

Dengan menggunakan pakaian pencak silat khas Tapak Suci Muhammadiyah berwarna merah dan peci hitam, Anies dilantik langsung oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Tapak Suci Putera Muhammadiyah, Adnan Jamhari.

Sebelum dilantik dan dikukuhkan, Dewan Guru Pimpinan Pusat Seni Beladiri Indonesia Tapak Suci Putera Muhammadiyah, Sudjono Ragil Santoso membacakan Surat Keputusan atau SK pelantikan Anies Baswedan.

"Pada hari ini, Ahad bertepatan dengan 11 Februari bertempat di Gedung Dakwah Muhammadiyah, atas nama pimpinan pusat perguruan seni bela diri Indonesia Tapak Suci Muhammadiyah, dengan ini saya melantik Saudara menjadi Pendekar Utama Kehormatan Perguruan Seni Bela Diri Indonesia Muhammadiyah," ujar Sudjono di lokasi, Minggu (11/2/2018).

Tak lama, Anies pun maju ke tempat upacara pelantikan untuk selanjutnya dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Tapak Suci Putera Muhammadiyah, Adnan Jamhari.

Kemudian, Adnan mengalungkan sabuk pinggang ke leher Anies Baswedan yang dalam posisi berlutut. Dia diberikan sabuk berwarna hitam untuk gelar pendekar kehormatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Janji dan Sumpah Anies

Tak lama kemudian, Anies mengucapkan sumpah Pendekar Kehormatan Tapak Suci Putera Muhammadiyah.

"Karena Allah SWT saya berjanji akan menegakkan identitas tapak suci sebagai seni perguruan bela diri Indonesia yang berakidah Islam, bersumber pada Alquran dan asunah berjiwa kesaudaraan," ucap Anies.

Kedua, Anies berjanji akan setia kepada maksud dan tujuan serta perjuangan Tapak Suci dan akan selalu menjaga nama baik peguruan.

"Tiga, akan memenuhi peraturan-peraturan, keputusan-keputusan dan garis kebijaksanaan pimpinan-pimpinan pusat perguruan seni bela diri tapak suci putera Muhammadiyah yang telah ditetapkan," kata dia.

Keempat, Anies berjanji akan mengemban amanat dengan ikhlas dan bersama dalam melaksanakan tugas-tugas sebagai pendekar kehormatan perguruan seni bela diri Indonesia Tapak Suci Putera Muhammadiyah.

"Lima, akan selalu berusaha untuk menjadi tauladan utama dalam tapak suci khususnya dan masyarakat pada umumnya. Enam, dengan iman dan akhlak saya menjadi kuat, tanpa iman dan akhlak saya menjadi lemah," tutup Anies.

Dalam pelantikan ini, hadir Dewan Penasihat Pimpinan Pusat Seni Beladiri Indonesia Tapak Suci Putera Muhammadiyah Amien Rais.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.