Sukses

Resmikan Tol Padang-Sicincin, Jokowi Ingin Pertumbuhan Ekonomi Meningkat

Menurut Jokowi, jika pembangunan selesai, maka waktu tempuh Padang-Pekanbaru yang sebelumnya 9 jam akan terpangkas menjadi 3 jam.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi meresmikan pembangunan jalan Tol Padang-Pekanbaru tahap pertama. Jalan tol ini menghubungkan Padang-Sicincin.

"Alhamdulillah kita bisa memulai jalan Tol Padang menuju ke Pekanbaru yang panjangnya 254 kilometer," kata Jokowi saat meresmikan pembangunan jalan Tol Padang-Sicincin, di Jalan Bypass Kilometer 0, Padang, Sumatera Barat, Jumat, 9 Februari 2018.

Jokowi menjelaskan jika pembangunan tol ini sudah selesai, maka waktu tempuh Padang-Pekanbaru yang sebelumnya sembilan jam akan terpangkas menjadi tiga jam.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berharap tol tersebut dapat memudahkan mobilitas masyarakat dan dunia usaha, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

"Kalau kita ingin memenangkan persaingan dengan negara lain, yang pertama harus kita kerjakan adalah infrastruktur. Karena dengan infrastruktur inilah, biaya transportasi dan biaya logistik akan jauh lebih murah," ucap Jokowi seperti dikutip dari situs setkab.go.id.

Menurut Jokowi, peningkatan infratruktur di beberapa daerah, termasuk di Sumatera Barat, nantinya bisa dimanfaatkan untuk kepentingan promosi.

Sebab, ucap Jokowi, pemandangan alam yang begitu indah di Sumatera Barat berpotensi untuk berkembang, apalagi ditunjang infrastruktur akses jalan yang baik.

"Kalau infrastruktur ini siap, infrastruktur ini ada, berlipatnya bisa tiga kali, empat kali, bahkan lima kali. Karena kecepatan menempuh dari satu kota ke kota lain menjadi sangat cepat," terang Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Investasi Rp 78 triliun

Sementara, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam laporannya mengatakan, pembangunan jalan Tol Padang-Pekanbaru itu membutuhkan investasi sekitar Rp78 triliun.

"Direncanakan masa pelaksanaan 2018-2023. Nanti ada terowongan sepanjang 7 kilometer yang dikerjakan dengan loan JICA (Badan Kerja Sama Internasional Jepang)," kata Basuki.

Pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru itu, menurut Basuki, akan dilakukan dalam tiga tahap yaitu tahap I Padang-Sicincin sepanjang 28 kilometer, tahap II Bangkinang-Pekanbaru 38 kilometer, kemudian tahap III Sicincin-Bangkinang sepanjang 189 kilometer.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi