Sukses

Romantisme di Pantai Ancol Warnai Momen Gerhana Bulan Malam Ini

Gerhana bulan total akan terjadi malam ini, Rabu (31/1/2018).

Liputan6.com, Jakarta - Gerhana bulan total akan terjadi malam ini, Rabu (31/1/2018). Momen langka fenomena alam Super Blue Blood Moon ini bakal berkesan bagi para pengunjung Pantai Ancol di Jakarta Utara.

Selain menggandeng BMKG untuk memberikan edukasi, pihak Ancol juga ingin menghadirkan suasana romantis jelang penampakan gerhana bulan total. Adapun lokasi yang dipersiapkan yaitu berada di Dermaga Hati, kawasan Pantai Karnaval.

"Existing lokasinya juga sudah romantis dan sudah ada ornamen-ornamen yang berbau romantis kok, Mas," kata Corporate Communication Taman Impian Jaya Ancol Rika Lestari saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (31/1/2018).

Rika menambahkan, selain yang disebut di atas, pihak Ancol juga menghadirkan gembok cinta. Posisi gembok cinta ditaruh di pojok dermaga yang menjorok ke pantai.

"Ada gembok cinta juga di sana. Jadi ada di dekat stage gembok cintanya. Dua teropong (gerhana bulan) juga di sana," imbuh Rika.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ribuan Pengunjung Ancol Jadi Saksi

Penampakan langka Super Blue Blood Moon yang hanya terjadi 150 tahun sekali ini diprediksi bisa disaksikan warga Jakarta dari Pantai Ancol mulai sekitar pukul 18.48 WIB sampai pukul 22.11 WIB.

"Kami bekerja sama dengan BMKG untuk menyediakan teropong dan nantinya akan ada edukasi seputar fenomena alam tersebut dari BMKG," kata Rika.

Rika menyebutkan, dari daya tarik fenomena itu, puluhan ribu pengunjung diprediksi akan mendatangi ke Ancol.

"Karena ini targetnya edukasi jadi target weekdays 20-30 ribuan. Tapi itu jumlah pengunjung sampai malam. Kalau untuk kegiatan pemantauan kami optimis 1.000 orang," imbuh Rika.

Manajemen Ancol pun melakukan rangkaian persiapan. Mulai dari pemberian akses gratis bagi pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan penyediaan titik kumpul pengamatan.

Terdapat dua teropong besar yang dapat digunakan pengunjung untuk melakukan pengamatan dari pantai Ancol. Manajemen Ancol akan mengatur antrian pengunjung yang akan menggunakan teropong tersebut secara bergantian.

Bagi pengunjung yang ingin menjadi saksi sejarah alam tersebut dapat memasuki kawasan Ancol jelang sore hari. Langsung menuju area Dermaga Hati (le bridge) yang berlokasi di Pantai Timur Ancol.

Untuk mengakses area tersebut akan disediakan kendaraan bus wara wiri yang mengantar jemput pengunjung pada saat sebelum dan sesudah kegiatan pengamatan. Dari 21 lokasi pengamatan, Pantai Ancol diprediksi jadi salah satu destinasi wisata yang menjadi lokasi terbaik di Jakarta untuk menyaksikan fenomena alam langka tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.