Sukses

Para Pencari Suaka Diami Trotoar Kalideres, Ini Kata Ketua Rumah Detensi Jakarta

Hingga Jumat malam sedikitnya 60 imigran pencari suaka masih bertahan trotoar di kawasan Kalideres, Jakarta Barat

Fokus, Jakarta - Puluhan imigran asal Timur Tengah dan Afrika yang mencari suaka hari Jumat menggelar aksi demontrasi di depan Rumah Detensi Imigrasi Jakarta.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (19/1/2018), para demonstran meminta agar pemerintah Indonesia segera membantu mereka mendapatkan suaka di negara yang lebih aman.

Sementara pihak Suku Dinas Sosial Jakarta Barat dan Rumah Detensi Imigrasi Jakarta akan berkoordinasi dengan Kementrian Sosial dan Menteri Luar Negeri untuk mengatasi masalah para pencari suaka ini.

" Keadaan seperti ini apabila kami masukkan mereka pasti berdesak-desakkan dan akan terjadi konflik. Karena tempat yang kami punya seperti yang saya katakan hanya 51 kamar, " ujar Kepala Rumah Detensi Jakarta, Murina Harahap.

Sedikitnya sudah ada 400 pengungsi berada di Rumah Detensi Imigrasi, Jakarta Barat namun daya tampung yang terbatas sekitar 80 orang membuat para imigran yang berlebih tidak tertampung mereka terpaksa membuat tenda darurat di sekitar Kantor Detensi Imigrasi.

hingga Jumat malam sedikitnya 60 imigran pencari suaka masih bertahan trotoar di kawasan Kalideres, Jakarta Barat. Mereka kesulitan untuk di tampung di rumah detensi yang kapasitasnya sudah penuh.

Warga sekitar dan warga yang peduli yang kebetulan melintas di kawasan Kalideres memberikan bantuan logistik makanan seadanya pada sejumlah pengungsi ini.