Sukses

Megaproyek Anies-Sandiaga untuk Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno mencanangkan sejumlah pembangunan Jakarta yang bernilai ratusan triliun rupiah. Salah satu proyek yang direncanakan Anies-Sandiaga yakni Light Rail Transit (LRT) bertaraf internasional.

Total investasi untuk proyek LRT ini sekitar US$ 25 miliar atau sekitar Rp 335,49 triliun (asumsi kurs Rp 13.419 per dolar Amerika Serikat). Untuk panjang lintasannya, mencapai 200 kilometer.

Sandiaga menyebut, proyek LRT akan dibangun dalam periode lima tahun, yaitu dari 2020 hingga 2025. Harapannya, keberadaan LRT bisa mengurangi kemacetan di Jakarta.

Selengkapnya dapat dilihat dalam Infografis di bawah ini:

1 dari 3 halaman

Jadikan Jakarta Mirip New York

Sandiaga juga ingin menjadikan kota-kota besar dunia sebagai acuan perubahan bagi Jakarta. Salah satunya adalah New York yang konsep trotoar dan tamannya yang rapi.

Dia menginginkan trotoar Jakarta menjadi tempat interaksi ekonomi seperti pedagang makanan dan buku-buku.

"Saya lihat kemarin waktu saya di New York, di dekat Union Square itu ada apa namanya pedestrian walkway yang ada tempat untuk warga beratraksi kesenian," katanya, 9 November 2017 lalu.

2 dari 3 halaman

Legalkan Becak

Selain itu, keberadaan becak di New York juga menjadi inspirasi bagi Sandiaga. Dia menceritakan pengalamannya saat mengikuti New York Marathon dan kelelahan lantaran harus berjalan ke hotel. Padahal ada temannya yang ke hotel menaiki becak.

Dia menambahkan, becak di New York dioperasikan khusus untuk acara pariwisata. Hal itulah yang ingin ditiru Anies-Sandi di Jakarta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Top 3 News Hari Ini: Ada Ulama Tolak Tarawih Akbar di Monas
Artikel Selanjutnya
Pemprov DKI Rencanakan Percepatan Revitalisasi JPO Sebelum Asian Games