Sukses

Koleksi Mobil Mewah Jadi Kesenangan Pribadi Bambang Soesatyo

Perjalanan wisata menggunakan motor gede maupun jet sudah menjadi bagian hidup Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

Liputan6.com, Jakarta - Perjalanan wisata menggunakan motor gede maupun jet sudah menjadi bagian hidup Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. Hobi itu digelutinya sejak masih muda dan saat dirinya telah mampu membeli kendaraan roda empat.

Saat masih menjadi jurnalis pun, dia mengaku telah memiliki mobil asal Swedia bermerek Volvo. Saat itu, mobil tersebut sudah masuk kategori kendaraan mewah pada 1985.

Bukan hanya mobil, saat ponsel masih menjadi barang mewah, pria yang karib disapa Bamsoet ini sudah mampu membeli dan memilikinya. Bahkan Pimpinan Redaksi tempatnya bekerja kala itu belum memilikinya.

Bamsoet mengaku, apa yang kini dimilikinya merupakan bentuk hasil dari kerja kerasnya selama ini. Seperti halnya mobil koleksinya yang enggan dia sebut berapa jumlah pastinya.

 

Sunday Morning last week with Chacha @sency

A post shared by Bambang Soesatyo (@bambang.soesatyo) on

"Bukan kita nyombong, artinya memang saya ada keinginan untuk mengubah hidup dengan bekerja keras. Buat kesenangan pribadi," kata Bambang Soesatyo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (18/1/2018).

Sebagai pejabat, politikus Golkar ini mengakui salah satu mobilnya belum didaftarkan dalam laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN). Mobil tersebut yakni mobil listrik keluaran Amerika Serikat bermerek Tesla.

 

@Las Vegas, happy new year 2017 (29/12)

A post shared by Bambang Soesatyo (@bambang.soesatyo) on

Mobil-mobil itu kata dia, tidak semua hasil hanya membeli, tapi ada pula yang tukar tambah. "Tesla hasil jual Alphard, karena saya harus memulai kendaraan yang selain hemat energi juga hemat lingkungan," ujar dia.

Mengenai hobinya ini, Bamsoet meluangkan waktu liburnya untuk mengotak-atik beberapa mobil koleksinya. "Sekali seminggu ke bengkel, otak-atik, ganti velg," ungkap Bambang Soesatyo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harta Kekayaan

Bamsoet tercatat menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelengara Negara (LHKPN) kepada KPK pada 2016 lalu. Saat itu, dia menjabat sebagai Ketua Komisi III DPR RI.

Dikutip dari situs acch.kpk.go.id, Selasa (16/1/2018), Bambang Soesatyo memiliki harta Rp 62.741.853.941 (Rp 62,7 miliar). Dari total harta itu, berdasarkan LHKPN, harta tidak bergerak berupa 22 bidang tanah dan bangunan.

Sejumlah tanah dan bangunan milik Bamsoet tersebar di beberapa lokasi, termasuk di Banjarnegara Jawa Tengah, DKI Jakarta, dan Bogor dengan total nilai benda tak bergerak mencapai Rp 38.717.572.000.

Sedangkan harta bergerak berupa sejumlah kendaraan yang terdiri dari 2 kendaraan roda dua dan 10 mobil, yang totalnya mencapai Rp 18.770.000.000.

Kendaraan tersebut berupa motor Harley-Davidson, mobil Hummer H2, mobil Toyota Vellfire, mobil Land Rover, mobil Bentley Mulsanne, mobil Jeep Rubicon, mobil Porsche Cayenne, mobil Ferrari California, mobil Rolls-Royce Phantom, mobil Toyota Fortuner, dan mobil Mercedes-Benz S400.

Selain harta kekayaan harta bergerak dan tidak bergerak, Bamsoet juga memiliki kekayaan berupa emas, batu mulia, dan barang antik yang totalnya mencapai Rp 998.000.000.

Dalam LHKPN yang dilaporkan pada 2016 tersebut, Bamsoet juga tercatat memiliki surat berharga senilai Rp 120.000.000 dan giro USD 211.026.

Secara keseluruhan, jumlah harta kekayaan Bamsoet melonjak cukup tajam dibandingkan pada 2010. Saat itu, Bamsoet masih menjadi anggota DPR Fraksi Golkar periode 2009-2014.

Pada 2010, harta kekayaan Bamsoet hanya Rp 24.116.034.728 (Rp 24 miliar) dan US$ 20.095.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.