Sukses

Polda Metro: Pengusutan Dugaan Korupsi Reklamasi Jalan Terus

Adi Deriyan mengatakan, saat ini pihakya masih meminta keterangan kepada sejumlah saksi-saksi.

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Dirkrimsus Polda Metro memastikan pengusutan kasus dugaan korupsi proyek reklamasi masih berjalan.

Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Adi Deriyan mengatakan, saat ini pihakya masih meminta keterangan kepada sejumlah saksi-saksi. Dia menambahkan ada dua saksi yang rencananya diperiksa pada besok Kamis 11 Januari 2018.

"Beberapa pemanggilan saksi minggu ini," kata Kombes Adi di Polda Metro Jaya, Selasa 9 Januari 2018.

Kedua saksi yang akan dimintai keterangannya adalah Kepala Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan Pemprov DKI Jakarta, Benni Agus Candra dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemprov DKI Jakarta Edy Junaedi.

"Ya kita masih minta keterangan seputar reklamasi," imbuh dia.

Penyelidikan kasus ini dimulai sejak September 2017. Dari keterangan yang diperoleh dan data yang dikumpulkan, polisi mencium ada aroma korupsi dalam proyek reklamasi itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

NJOP Tidak Wajar

Polisi menduga ada pelanggaran ketika penetapan nilai jual objek pajak (NJOP) Pulau C dan D dalam proyek reklamasi Teluk Jakarta.

Lebih jauh polisi menduga penetapan NJOP pada kedua pulau reklamasi itu tidak wajar. Dimana NJOP di pulau reklamasi C dan D hanya sebesar Rp 3,1 juta per meter persegi.

Penyidik lantas meningkatkan status proses hukum proyek reklamasi Teluk Jakarta dari penyelidikan ke tahap penyidikan. Tapi belum ada tersangka.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.