Sukses

Respons PDIP soal Foto Viral Bupati Azwar Anas

Hasto mengatakan, Anas sebagai orang yang diduga mirip dalam foto viral tersebut mengaku sering menerima foto seperti itu.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto menyayangkan foto viral yang diduga melibatkan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. 

Hasto mengatakan, Anas sebagai orang yang diduga mirip dalam foto viral tersebut mengaku sering menerima foto seperti itu.

"Iya kan masih diduga, foto itu dibuat, dimungkinkan abad modern ini. Kita lihat Gus Ipul-Anas Azwar dalam prestasi dengan rakyat," kata Hasto di Kantor DPP PDI Perjuangan, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (5/1/2017).

Hasto menyebut, Anas merupakan sosok pemimpin yang baik, apalagi sebagai kepala daerah, wilayah yang dipimpinnya telah berkembang pesat. Sehingga banyak pihak yang menginginkan itu.

Bahkan, kata dia, pihak-pihak itu tak segan menggunakan cara-cara licik untuk memenangkan persaingan.

"Maka kita lihat positif, apapun yang namanya Pak Anas itu kepemimpinannya diterima masyarakat Banyuwangi sehingga diakui kepilih dua kali," papar dia.

Kendati begitu, Hasto tidak mengkhawatirkan akan elektabilitas pasangan Saifullah Yusuf-Azwar Anas menurun. Sebab pengusungan itu juga dilakukan berdasarkan rekam jejak mereka saat memimpin.

"Kami mencalonkan demi masa depan masyarakat. Kalau dikit-dikit elektoral dan menampilkan pencitraan dirinya sebagai manusia yang hebat dan suci, itu tidak menjawab. Kami tidak cari pemburu kekuasaan," jelas Hasto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Mundur

Hasto Kristiyanto menyatakan, Abdullah Azwar Anas tidak mengundurkan diri dari Pilkada Jatim. Dia tetap menjadi bakal calon wakil gubernur untuk Saifullah Yusuf atau Gus Ipul.

"Bahwa Abdulah Azwar Anas tidak mengundurkan diri," kata Hasto di kantor DPP PDI Perjuangan, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (5/1/2017).

Dia menjelaskan, PDIP melakukan keputusan politik melalui pertimbangan matang dengan berbagai tahapan-tahapan yang jelas. Seperti halnya pengambilan keputusan akan isu mundurnya Anas.

"Yang bisa membatalkan apabila sebelum pendaftaran calon mengundurkan diri, kemudian ada persoalan berhalangan tetap. Dan ada faktor di dalam pertimbangan pusat partai layak di kabulkan, sekiranya ada mengundurkan diri tersebut," ujar dia.

Hasto menyatakan, sebenarnya bakal calon Gubernur Jatim 2018 Saifullah Yusuf atau Gus Ipul sempat kaget akan pertanyaan awak media terkait kabar mundurnya Azwar Anas. Kata dia, Gus Ipul juga sempat mengklarifikasi kepada Bupati Banyuwangi itu.

Saksikan vidio pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.