Sukses

Kisah Anggota Banser Jaga Gereja Selama 10 Tahun

Liputan6.com, Jakarta Indonesia merupakan bangsa yang terdiri dari berbagai suku dan agama. Oleh karena itu kita wajib menjaga sikap toleransi atau saling menghargai. Seperti yang dilakukan anggota Barisan Anshor Serba Guna (Banser) yang ikut menjaga gereja-gereja di Jakarta.

Seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Senin (25/12/2017), mungkin masyarakat Indonesia pernah menonton film karya Sutradara Hanung Bramantyo berjudul Tanda Tanya. Film ini menceritakan salah satu angggota Banser, Riyanto, yang setia menjaga gereja hingga akhir hayatnya. Saat teror bom meledakkan gereja di Mojokerto, Jawa Timur, Riyanto tewas.

Memiliki kesetiaan yang serupa dengan Riyanto, sudah hampir 10 tahun, Muhammad Wasroni Roni atau Bang Roni selalu ikut mengamankan gereja di berbagai wilayah di DKI Jakarta. Dirinya tak pernah merasa risih berada di lingkungan gereja, ketika umat Kristen sedang beribadah. Baginya menjaga kerukunan hanyalah salah satu tugas yang harus diemban sebagai seorang Muslim.

Sejak tahun 2008, Bang Roni bergabung menjadi anggota Banser di satuan koordinasi wilayah (Satkorwil) Banser, Jakarta Selatan .

Diluar aktivitasnya menjadi anggota Banser, Bang Roni membantu berjualan lontong sayur dan nasi uduk. Setiap pagi, dia melayani warga sekitar Pancoran, Jakarta Selatan yang membutuhkan sarapan.

Bang Roni yang kini berusia 51 tahun menunjukan bahwa siapa pun bisa berguna dan bermanfaat bagi sesama. Membantu amankan rumah ibadah yang berbeda agama adalah pilihan Bang Roni mewujudkan kerukunan dan toleransi.