Sukses

TNI AU Sematkan Brevet Kehormatan ke Kapolri, KSAD, dan KSAL

Karena cuaca hujan, upacara penyematan pun dilakukan di Aula Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma.

Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyematkan Brevet Kehormatan Penerbang kepada Kapolri Jendral Tito Karnavian, KSAD Jenderal Mulyono, dan KSAL Laksamana Ade Supandi di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

Pantauan Liputan6.com, para pejabat tinggi bintang empat itu mendarat usai menikmati penerbangan pesawat Sukhoi sekitar pukul 09.50 WIB.

Karena cuaca hujan, upacara penyematan pun dilakukan di Aula Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma.

Hadi dalam hal ini bertindak sebagai KSAU. Dia menyematkan brevet tersebut ke atas saku kanan masing-masing pejabat tinggi itu.

"Menetapkan memberikan hak dan menerima Wings Penerbangan kepada Kapolri, KSAD, dan KSAU," ujar moderator di lokasi, Rabu (20/12/2017). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sinergitas TNI-Polri

Hadi menyampaikan, momen pemberian brevet ini merupakan bagian dari sinergitas TNI-Polri. Kerja sama tersebut diharapkan dapat terus menurun hingga ke tingkat paling bawah sekalipun.

"Ini soliditas TNI Polri yang kita bina, kita pertahankan, dan akan semakin kuat," jelas dia.

Sebelum penyematan, mereka berempat melakukan penerbangan menggunakan pesawat Sukhoi TS-3007. Ada empat pesawat tempur yang disediakan untuk dinaiki.

Hadi naik ke pesawat sukhoi 07. Sementara Tito di pesawat dengan nomor 09. Disusul KSAD Jendral Mulyono di pesawat sukhoi 10 dan KSAL Laksamana Ade Supandi di nomor 11.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

3 dari 3 halaman

Bertabur Bintang

Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, bertabur 'bintang', Rabu pagi. Empat perwira tinggi TNI-Polri berkumpul di Base Ops. Mereka adalah KSAD Jendral Mulyono, KSAL Laksamana Ade Supandi, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Tiba di lokasi sekitar pukul 08.00 WIB, keempatnya bertemu di dalam Aula Base Ops sekitar pukul 08.00. Mereka baru keluar setengah jam kemudian. Tak lagi mengenakan pakaian dinas masing-masing, para perwira bintang empat itu berganti kostum penerbang hijau tua.

Mereka kompak mengenakan kaca mata hitam berjalan beriringan menuju landasan pacu. Seorang anggota TNI AU tampak mengarahkan.

Di landasan, empat pesawat Sukhoi TS-3007 berjejer menunggu. Panglima TNI, Kapolri, KSAD, KSAL, masing-masing diberi helm berwarna biru. Bagian depan helm terdapat tulisan jabatan keempat perwirat tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.