Sukses

Belajar Fotografi Gratis di Kelas Pagi Anton Ismael

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi fotografer profesional butuh waktu dan biaya yang mahal. Namun fotografer senior ini membagikan ilmunya secara gratis. Adalah Anton Ismael yang akrab disapa Pak E di balik kegiatan ini.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (18/12/2017), Anton lahir dari keluarga sederhana. Sejak kecil dia sudah akrab dengan kamera sang ayah. Atas dasar itu pula Anton mulai menekuni dunia fotografi hingga kini.

Rutinitas Anton hampir setiap pagi di jalani di rumahnya di Jalan Cipete Raya, Jakarta Selatan. Lebih dari 100 orang setiap pukul 06.00 WIB berkumpul untuk mendapatkan materi pelajaran darinya.

Sekolah fotografi gratis didirikan Anton sejak tahun 2006. Kini dibantu 10 orang relawan pengajar, sekolah fotografi gratis miliknya terus berkembang hingga ke luar Jakarta. Pada 2009, kelas pagi dibukanya di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jayapura, Papua.

Selama 12 tahun mendirikan sekolah fotografi gratis, kelas pagi lulusan sekolah fotografi Royal Institut Melbourne, Australia kini telah mempuyai ribuan alumni.

Tidak ada persyaratan khusus untuk menjadi siswa kelas paginya. Hanya cukup bangun pagi dan komitmen untuk mengikuti materi hingga selesai. Baginya, Anton Ismael fotografi adalah jendela besar dalam melihat dunia lebih luas lagi.