Sukses

Diguyur Hujan Deras, Tanggul Jatipadang Kembali Jebol

Liputan6.com, Jakarta Tanggul yang membatasi aliran Kali Pulo dengan permukiman warga di Jatipadang, Pasarminggu, Jakarta Selatan untuk kesekian kalinya kembali jebol. Hujan deras yang mengguyur Jakarta  membuat waduk jebol di sisi sebelah tembok tanggul baru selesai diperbaiki Rabu lalu.

Seperti ditayangkan Liputan6 Pagi SCTV, Minggu (17/12/2017), tanda tanda jebolnya tanggul ini sudah terlihat sejak Sabtu petang. Rembesan air telah tampak pada tanggul seiring naiknya debit air aliran kali pulo menyusul hujan deras yang mengguyur sejak Sabtu sore.

menjelang malam, tanggul sepanjang sekitar enam meter ini akhirnya jebol karena tak kuat menahan arus aliran Kali Pulo. Akibatnya banjir kembali memasuki rumah-rumah yang berada di  sekitar tanggul di kawasan Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan hingga setinggi setengah meter.

Kondisi ini membuat warga yang rumahnya terendam kembali mengungsi ke lantai dua  sebuah musala. Banjir juga mulai membuat warga terserang sejumlah penyakit seperti diare. Ironisnya warga tak sempat membawa serta obat-obatan karena air banjir datang tiba-tiba.

Jebolnya tanggul di  kawasan Jatipadang ini sudah berulang kali terjadi pada titik yang berbeda. Tanggul yang jebol kali ini merupakan tanggul lama yang ada di Selatan tanggul yang tengah dibangun.