Sukses

Tim Pengurai Kemacetan Bersiaga di Acara Pesta Adat Jokowi

Liputan6.com, Medan - Untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas saat acara Pesta Adat Presiden Jokowi di Kota Medan, Polda Sumut membentuk Tim Pengurai Kemacetan.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Rina Sari Ginting mengatakan, Tim Pengurai Kemacetan akan fokus di tempat awal kirab budaya yang akan berlangsung dari MICC, Jalan Gagak Hitam/Ringroad hingga ke lokasi resepsi ngunduh mantu di Perumahan BHR, Jalan Setia Budi.

"Tim ini bentukan Dit Lantas Polda Sumut. Personelnya ada 30 orang, terdiri dari 16 personel pria, dan 14 personel wanita atau Polwan," kata Rina, Medan, Kamis (23/11/2017).

Tim Pengurai Kemacetan akan dikendalikan AKP Welly Muchtar lengkap dengan kendaraan dinas roda 2. Kendaraan itu berjumlah 10 unit Yamaha Nmax dikendarai polwan dan 16 trail yang dikendarai polisi pria.

"Mereka semaksimal mungkin mobile, memastikan tidak terjadi kemacetan dan penumpukan kendaraan selama kegiatan rangkaian resepsi berlangsung, mulai dari 23 hingga 26 November 2017," sebut dia.

Rina mengungkapkan, antisipasi ini dilakukan Dir Lantas Polda Sumut Kombes Heru Prakoso demi terciptanya Kamtibselcar Lantas di wilayah Kota Medan.

2 dari 2 halaman

Petugas Sisir Lokasi Acara

Persiapan acara Pesta Adat Kahiyang Ayu-Bobby Nasution mulai memasuki tahap akhir. Jajaran TNI dan Polri ikut memeriksa lokasi acara yang berada di Kompleks Bukit Hijau Regency (BHR), Jalan Setiabudi, Kota Medan, Sumatera Selatan.

Pantauan Liputan6.com, Kamis (23/11/2017), para pekerja dan panitia tampak sibuk merampungkan berbagai dekorasi yang sudah didesain dengan corak adat Sumatera Utara. Papan petunjuk arah masuk dan keluar tamu undangan ngunduh mantu Kahiyang Ayu-Bobby Nasution juga sudah ditanam di sejumlah titik lokasi.

Terlihat juga shuttle car dengan corak Ulos Mandailing dibawa masuk ke sekitaran kediaman keluarga Bobby Nasution. Mobil tersebut, akan digunakan Presiden Jokowi saat kirab atau arak-arakan nanti.

Selain itu, petugas TNI-Polri terlihat berkeliling. Mereka memastikan tidak ada kesalahan dan kekurangan fasilitas dalam pesta adat nanti.

Panglima Kodam I Bukit Barisan Mayjen TNI Cucu Somantri menyampaikan, Presiden Jokowi rencananya akan datang sesuai dengan jadwal yang sudah disusun panitia acara ngunduh mantu Kahiyang Ayu-Bobby Nasution.

"Tamu undangan agar dapat mengikuti petunjuk arah dan shift, supaya nggak ada kesalahan," tutur Cucu di Komplek Bukit Hijau Regency (BHR) Jalan Setiabudi, Kota Medan, Sumatera Selatan.

Saksikan video pilihan berikut ini: