Sukses

Rangkaian Acara Pernikahan Kahiyang-Bobby Dimulai Hari ini

Liputan6.com, Jakarta - Rangkaian pernikahan putri satu-satunya Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu, dimulai hari ini. Sementara pernikahannya sendiri dilaksanakan pada Rabu, 8 November 2017.

Sementara untuk acara hari ini akan dilakukan prosesi wilujeng kenduri. Acara ini akan berlangsung sore hari dimulai pada pukul 16.00 WIB hingga selesai bertempat di kediaman pribadi Presiden Jokowi, Jalan Kutai Utara Sumber, Banjar Sari, Surakarta, Jawa Tengah.

Kemudian, pada hari Selasa 7 November 2017, acara dilanjutkan dengan pemasangan bleketepe, siraman, dan sadeyan dawet pihak putri bertempat di kediaman pribadi Jokowi.

Sementara prosesi siraman di pihak calon pengantin pria dilakukan pada hari yang sama, tapi di tempat yang berbeda, yakni di Hotel Alila, Solo, Jawa Tengah.

Pada malam harinya sehari sebelum hari pernikahan, di kediaman pribadi Jokowi digelar prosesi adat serah terima paningset dan midodareni pada pukul 19.00 sampai 21.00 WIB.

Saat yang ditunggu-tunggu, ijab kabul dilakukan pagi hari pada Rabu, 8 November 2017 pukul 09.00-10.15 WIB bertempat di Gedung Graha Saba Buwana, Jalan Letjen Suprapto, Banjar Sari, Surakarta, Jawa Tengah.

Siangnya setelah resmi menjadi suami istri, Kahiyang dan Bobby menggelar resepsi pernikahan di tempat yang sama dengan prosesi akad pada pukul 10.30-11.30 WIB.

Masih di gedung yang sama, resepsi pernikahan Kahiyang-Bobby digelar untuk kedua kalinya pada malam hari pukul 20.00-21.00 WIB.

Direncanakan pesta pernikahan kedua akan dilakukan di daerah asal calon mempelai pria di Medan.

 

2 dari 2 halaman

4 Ribu Relawan Jokowi Hadir

Presiden Joko Widodo meminta sejumlah relawan yang akan menghadiri pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution terus menjaga ketertiban di Kota Solo.

Para relawan diperkirakan mulai berdatangan ke Kota Solo pada Senin hari ini (6/11/2017).

"Presiden menyampaikan pesan khusus agar relawan bisa menjaga ketertiban dalam rangka prosesi ini," kata penanggung jawab relawan Jokowi, Eko Sulistyo, di Solo, Sabtu malam, 4 Oktober 2017.

Sebanyak 4.000 relawan pendukung Jokowi yang hendak menghadiri acara pernikahan putri presiden, Kahiyang Ayu, akan diinapkan di Asrama Haji, Solo.

"Ini belum termasuk yang datang kemudian. Mereka mencari penginapan sendiri seperti di rumah kerabatnya, hotel yang jumlahnya bisa mencapai sekitar 2.000 orang," kata Eko.

"Kedatangan relawan semua dalam rangka ingin mendoakan dan menghadiri secara langsung prosesi perkawinan agar kedua mempelai yang salah satunya adalah putri Presiden agar sukses," kata Eko yang juga menjabat sebagai Deputi IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi, Kantor Staf Presiden.

Dia menambahkan para relawan Jokowi yang berasal dari Pulau Sumatera rencananya dipusatkan di Kota Medan, Sumatera Utara untuk prosesi acara ngunduh mantu di pihak mempelai pria, Bobby Nasution.

Saksikan video di bawah ini: