Sukses

Aripin, Pemuda Inspiratif Pendiri Rumah Kreatif di Banjarmasin

Liputan6.com, Banjarmasin - Rumah kreatif dan pintar adalah rumah singgah di Jalan Sutoyo, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Didirikan sejak 4 tahun lalu karena keprihatinan Aripin melihat kondisi masyarakat disekitar rumahnya yang hidup miskin.

Seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Minggu (5/11/2017), rumah kreatif dan pintar ini merupakan sebuah komunitas yang fokus membina dan memberdayakan ratusan anak -anak dari keluarga miskin dan korban narkoba.

Di sini mereka diajarkan kreatifitas dengan memanfaatkan barang limbah bekas yang diolah menjadi produk yang punya nilai ekonomi. Di antaranya kursi tamu dari drum bekas, vas bunga dari handuk bekas juga lampion.

Seni kerajinan tangan atau handycraft juga diajarkan di sini. Hasil penjualan produk digunakan untuk pembinaan anak-anak.

Dengan kreatifitas anak-anak ini diharapkan bisa meraih cita-cita yang lebih baik sebagai wirausahawan kreatif serta berpendidikan tinggi.

Selain merangkul anak-anak putus sekolah, korban KDRT, dan korban narkoba, ayah satu anak ini juga berbagi ilmunya untuk warga binaan di lembaga pemasyarakatan. Meski menghadapi beragam tantangan, Aripin berharap rumah kreatif dapat membantu masyarakat hidup mandiri.