Sukses

Terkuak, Anies Kerahkan 'Tim Siluman' untuk Investigasi Alexis

Anies Baswedan mengatakan timnya telah lama mendalami permasalahan Alexis. Temuan jadi dasar tidak diperpanjangnya izin.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Basdwedan membuat kejutan dengan tidak memperpanjang izin Hotel dan Griya Spa Alexis. Ia mengklaim punya bukti lengkap praktik kotor yang terjadi di sana.

Bukti itu yang tidak dimiliki Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok saat menjadi gubernur. Alhasil, Alexis seolah tak tersentuh pada waktu itu.

Anies mengaku punya tim khusus yang menginvestigasi Alexis sejak lama.

"Saya dan tim sudah bekerja lama, karena saya sudah sampaikan ini tempat bermasalah. Sejak Januari sudah saya ungkapkan," kata Anies di Balai Kota, Jakarta, Rabu (1/11/2017).

Ia memang tidak menyebut gamblang tentang tim itu. Yang jelas, tim tersebut berada di luar birokrasi Pemprov DKI.

Anies mengklaim data yang diperoleh soal Alexis cukup lengkap. Ia hanya tidak mau mengungkapkannya ke publik karena alasan kepatutan.

"Siapa saja yang datang dari luar kota, semuanya ada, bukan enggak ada, cara masuk bagaimana, cara mengatur ponsel bagaimana," jelas Anies.

Temuan itu pula yang dia ungkap saat kampanye Pilkada 2017. Pada saat itu Anies menegaskan komitmen menutup Alexis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ahok soal Alexis

Saat menjabat Gubernur DKI, Ahok menyatakan penutupan tempat hiburan yang melanggar aturan harus ada bukti. Ia mengaku ada kesulitan membuktikan prostitusi.

"Narkoba bisa (dibuktikan), tes darah atau kencing (air seni) ketahuan. Kalau orang melakukan seks bagaimana orang ketahuan?" kata Ahok di kawasan Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin 16 Januari 2017.

Ia memastikan Pemprov DKI akan menutup tempat hiburan tersebut bila ada bukti. Karena belum punya bukti, Ahok mengaku tidak memiliki rencana menutup Hotel Alexis.

"Enggak ada rencana penutupan. Begitu saja. Jadi adil. Kenapa Alexis Anda malah ribut? Kan katanya banyak pelacuran. Kamu ada bukti enggak? Kasih saya bukti," tandas Ahok.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.