Sukses

Para Abdi Dalem Gelar Syukuran Pelantikan Sultan HB X dan Paku Alam

Mereka duduk bersila di depan gerbang sambil memanjatkan doa.

Fokus, Yogyakarta - Pelantikan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubowono X dan Wakilnya Sri Paduka Kanjeng Gusti Paku Alam X dilakukan oleh Presiden Jokowi di Istana Negara pada Selasa sore.

Seperti ditayangkan Fokus Malam Indosiar, Rabu (11/10/2017), pelantikan ditandai dengan pembacaan sumpah yang dipimpin oleh presiden. Nampak hadir pula sejumlah menteri, anggota DPR, DPD, serta Pejabat Pemprov DIY.

Sementara, ratusan Abdi Dalem Keraton Yogyakarta dan Puro Pakulaman Selasa petang menggelar syukuran di depan pintu gerbang Istana Kepresidenan Gedung Agung, Yogyakarta. Acara ini digelar secara spontan sebagai bentuk rasa syukur.

Mereka duduk bersila di depan gerbang sambil memanjatkan doa. Meski tidak dilantik di Yogyakarta seperti harapan warga Yogyakarta, para abdi dalem tetap mensyukurinya karena ini merupakan bentuk pengakuan atas keistimewaan Yogyakarta.

Gubernur dan Wakil Gubernur DIY tidak dipilih melalui pemilihan umum. Namun ditetapkan sesuai undang-undang Keistimewaan Yogyakarta, di mana Raja Keraton Yogyakarta dan Adipati Paku Alam otomatis menjadi gubernur dan wakil gubernur. Keduanya dilantik bersamaan dengan berakhirnya masa jabatan periode 2012-2017 yaitu pada 10 Oktober 2017.