Sukses

Djarot Resmikan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Online

Djarot mengingatkan para pemilik kendaraan mewah agar taat pajak.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menghadiri acara peresmian Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) online melalui sejumlah Bank di Silang Barat Monas, Jakarta Pusat.

Dalam sambutannya, Djarot mengapresiasi operasi door to door pembayaran PKB yang dilakukan oleh Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) dan Direktorat Lalu Lintas (Drilantas) Polda Metro Jaya.

Menurut Djarot, dengan adanya pemeriksaan pajak dari rumah ke rumah ini, maka keabsahan kendaraan bermotor yang dimiliki oleh para wajib pajak dapat diketahui dengan mudah.

"Dengan jalan seperti itu juga bisa diketahui apakah mobil mewah dan motor gede itu bodong atau mempunyai bukti kepemilikan," ujar Djarot di lokasi, Minggu (8/10/2017).

Mantan Wali Kota Blitar ini lantas mengingatkan kepada para pemilik kendaraan mewah agar taat pajak. Apalagi, kata dia, cara pembayarannya sudah dimudahkan melalui bank.

"Berdasarkan hasil operasi ini, kita juga bisa menjaring pemilik kendaraan mobil-mobil mewah. Kalau bisa beli mobil mewah, tentunya juga harus bisa membayar pajaknya," ucap dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejalan dengan Pembatasan Kendaraan

 

Djarot menilai, pengawasan terhadap pajak kendaraan bermotor ini juga sejalan dengan kebijakan pembatasan kendaraan bermotor.

Menurut dia, dengan semakin berkurangnya pengguna kendaraan pribadi, yang ditunjang dengan peningkatan ketersediaan transportasi publik, maka kemacetan di ibu kota akan berkurang.

"Diharapkan dengan sistem transportasi publik yang baik diharapkan kita bisa mengendalikan kepemilikan kendaraan bermotor Jakarta sehingga kemacetan berkurang dan tingkat polusi di Jakarta semakin menurun dengan drastis," tuturnya.

Djarot berharap agar operasi PKB ini dapat terus digencarkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak kendaraan.

"Operasi harus tetap kita lakukan untuk memberikan penyadaran karena yang paling banyak menunggak itu adalah pemilik kendaraan roda dua," tukas Djarot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.