Sukses

Kapolri Lantik Irjen Unggung Cahyono Jadi Kalemdiklat Polri

Acara serah terima jabatan (sertijab) Unggung Cahyono dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Rupatama Mabes Polri.

Liputan6.com, Jakarta Irjen Unggung Cahyono resmi mengisi jabatan sebagai Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri. Irjen Unggung menggantikan Komjen Moechgiyarto yang dipercaya menjabat Kabaharkam Polri.

Acara serah terima jabatan (sertijab) Unggung dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Rupatama Mabes Polri, Selasa (19/9/2017) pagi.

"Bahwa saya selaku pejabat Polri akan setia dan taat sepenuhnya pada Pancasila, Undang-undang Dasar 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, bahwa saya akan menaati segala peraturan Undang-undang dan melaksanakan tugas kedinasan yang dipercakan kepada saya dengan penuh pengabdian, kesadaran dan tanggung jawab," ucap Kapolri yang diikuti oleh pejabat yang dilantik.

Selain Unggung, Kapolri juga melantik sejumlah perwira tinggi lainnya. Di antaranya adalah Brigjen Asep Sunandar sebagai Asisten Logistik Polri menggantikan Unggung. Lalu, Brigjen Anton Wahono sebagai Staf Ahli Manajemen (Sahlijemen) Kapolri dan Brigjen Syaiful Zachri sebagai Kapolda Kepulauan Bangka Belitung.

Usai membacakan sumpah jabatan, Unggung dan pejabat yang dilantik lainnya langsung menandatangi nota serah terima jabatan dari pejabat lama ke pejabat baru.

Sementara untuk jabatan Kepala Badan Pemeliharaan dan Keamaan Polri yang kini diisi oleh Komjen Moechgiyarto rencananya akan menyusul dilantik pada November 2017 mendatang. Nantinya, Moechgiyarto akan dilantik bersamaan dengan Komjen Putut Eko Bayu Seno sebagai Irwasum Polri menggantikan Komjen Dwi Priyatno yang memasuki masa pensiun pada akhir 2017.

Sebelumnya, pergantian jabatan Kepala Badan Pemeliharaan dan Keamanan (Kabaharkam) Polri tertuang dalam surat telegram bernomor ST/2194/IX/2017 yang diterbitkan pada 13 September 2013.

Dalam surat telegram itu disebutkan, Komjen Putut Eko Bayuseno yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Pemeliharaan dan Keamanan (Kabaharkam) Polri kini dipercaya menempati jabatan Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri, menggantikan Komjen Dwi Priyatno yang memasuki masa pensiun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Brigjen Asep Gantikan Unggung

Adapun, jabatan Kabaharkam nantinya akan diisi Komjen Moechgiyarto yang menjabat Kepala Lembaga dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri. Sementara jabatan yang ditinggal oleh Moechgiyarto, akan diisi oleh Irjen Unggung Cahyono. Mantan Kapolda Metro Jaya itu memperoleh promosi pangkat, menjadi jenderal bintang tiga.

Sementara yang akan menggantikan Unggung sebagai Asisten Logistik, Tito mempercayakan kepada Brigjen Asep Sunandar yang sebelumnya menjabat Staf Ahli Manajemen (Sahlijemen) Kapolri.

Kemudian, jabatan Sahlijemen nantinya akan diisi oleh Brigjen Anton Wahono yang sebelumnya menjabat Kapolda Kepulauan Bangka Belitung. Jabatan yang ditinggal Anton, dipastikan diisi oleh Brigjen Syaiful Zachri.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.