Sukses

Begini Cara Cuci dan Ganti Kiswah Kakbah

Kiswah penutup Kakbah terdiri dari ratusan kilogram kain sutra sepanjang 600 meter yang dibagi menjadi 47 potong.

Liputan6.com, Arab Saudi - Saat jutaan jemaah melaksanakan wukuf di Arafah, para petugas di kompleks Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi melakukan pencucian dan pengantian kiswah atau kain penutup Kakbah.

Seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Kamis (31/8/2017), sejak subuh, puluhan petugas tampak sibuk untuk pencucian kiswah yang selama setahun menyelimuti Kakbah.

Meski sebagian jemaah masih ada yang melakukan tawaf, yaitu mengelilingi Kakbah sebanyak tujuh kali, aktivitas pencucian dan pengantian kiswah tak mengganggu para jemaah melaksanakan ibadah haji.

Kiswah penutup Kakbah terdiri dari ratusan kilogram kain sutra sepanjang 600 meter yang dibagi menjadi 47 potong. Kiswah juga dihiasi dengan ayat-ayat Alquran yang dibuat dari 120 kilogram benang emas dan perak.

Tradisi menutup Kakbah dengan kiswah sudah berlangsung sejak jaman Nabi Muhammad SAW. Saat itu, kiswah terbuat dari bahan kulit unta. Namun kini, kiswah telah diproduksi secara khusus di pinggiran Kota Mekah mengunakan mesin tenun modern.