Sukses

Istri Novel Baswedan Minta Presiden Bentuk TGPF

Istri penyidik KPK Novel Baswedan, Rina Emilda, meminta Presiden Joko Widodo membentuk Tim Gabungan Pencari Fakta.

Liputan6.com, Jakarta - Istri penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan, Rina Emilda, meminta Presiden Joko Widodo membentuk Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF). Tim ini untuk mengusut kasus penyerangan terhadap suaminya.

"Harapan pertama adalah segera ada perhatian Bapak Presiden membentuk TGPF agar bisa melihat fakta-fakta penyiraman air keras ini secara objektif," kata Emilda saat konferensi pers terkait perkembangan kondisi kesehatan dan penanganan kasus penyerangan Novel Baswedan di Kepala Gading, Jakarta Utara, Senin.

Konferensi pers itu juga dihadiri Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak, aktivis HAM Haris Azhar, Direktur Eksekutif LBH Jakarta Alghifari Aqsa, Wakil Koordinator Bidang Advokasi Kontras Putri Kanesia, dan Hasan, perwakilan masyarakat di sekitar kediaman Novel.

"Yang kedua, apabila perkara terungkap, tidak terjadi lagi peristiwa teror kepada penegak hukum seperti saya," kata Emilda seperti dilansir Antara.

Dia mengaku masih menunggu respons dari Istana Kepresidenan untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo guna membahas penuntasan kasus penyerangan terhadap suaminya.

Sebelumnya, Ketua Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak menyatakan pihak Istana Kepresidenan belum merespons terkait keinginan istri penyidik KPK Novel Baswedan bertemu Presiden Joko Widodo.

"Kami yang ada di sini menyampaikan pernyataan secara lisan kepada pihak Istana, permintaan agar Presiden berkenan menerima Mbak Emil," kata Dahnil saat konferensi pers tersebut.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ingin Bertemu Jokowi

Dahnil mengaku sudah menyampaikannya secara lisan maupun pesan WhatsApp kepada Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno terkait keinginan Istri Novel Baswedan bertemu dengan Presiden Jokowi.

"Kemudian beliau menyampaikan akan berusaha menjadwalkan pertemuan Mbak Emil dengan Presiden bahkan belakangan melalui Mas Johan Budi, kami menerima kabar bahwa Presiden meminta kalau nanti sudah dijadwalkan Presiden juga ingin bukan hanya bertemu Mbak Emil tetapi juga Ibu dari Mas Novel," kata Dahnil.

Namun, lanjut dia, pihak Istana Kepresidenan berharap ada surat resmi yang diajukan, tidak hanya dalam bentuk penyampaian secara lisan.

"Memang sejak awal kami tidak ingin mengirimkan surat resmi tetapi kemudian karena ada permintaan dari pihak Istana terkait dengan surat resmi itu, kami memutuskan meminta Mbak Emil untuk menulis surat dengan tulisan tangan dan dikirimkan ke Istana," tutur Dahnil.

Selanjutnya, pada Senin 21 Agustus pihaknya sudah mengirimkan surat dan sudah diterima oleh pihak Istana Kepresidenan.

"Kemudian meraka akan menjadwalkan, terakhir saya meminta Pak Pratikno agar kemudian penjadwalan pertemuan Mbak Emil dengan Presiden itu bisa dilakukan setelah tanggal 25 atau sebelum Idul Adha," kata Dahni.

Namun, kata Dahnil, sampai dengan hari ini dan menjelang Hari Raya Idul Adha, pihaknya belum mendapat kabar lagi apakah kemudian Presiden berkenan menerima Emilda.

Novel Baswedan disiram air keras oleh dua pengendara motor di dekat rumahnya pada 11 April 2017 seusai shalat subuh di Masjid Al-Ihsan. Mata Novel mengalami kerusakan sehingga harus menjalani perawatan di Singapura sejak 12 April 2017.

Novel adalah salah satu penyidik senior KPK yang antara lain menangani kasus korupsi pengadaan e-KTP.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.