Sukses

Tingkatkan Kualitas, Ratusan Kambing dan Sapi Ikuti Lomba Ternak Kurban

Ajang lomba ini juga dimanfaatkan pemiliknya untuk menjajakan hewan kurban kepada para pengunjung.

Liputan6.com, Sidoarjo - Jelang Idul Adha, sebanayak 148 ekor kambing dan sapi tengah mengikuti lomba hewan ternak kurban, yang digelar Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Seperti ditayangkan Fokus Malam Indosiar, Sabtu (26/8/2017), rata rata kualitas hewan yang diikutsertakan di atas rata rata. Selain nampak sehat, ukurannya yang jauh lebih besar dan berat.

Ajang lomba ini juga dimanfaatkan pemiliknya untuk menjajakan dagangannya kepada para pengunjung. Tentu saja harga hewan kurban ini lebih mahal, karena kualitasnya jauh lebih baik.

Harga kambing rata-rata dijual Rp 7 juta hingga Rp 14 juta per ekor. Sementara seorang peserta mengaku hendak menjual sapinya antara Rp 70 hingga Rp 80 juta per ekor.

Lomba hewan kurban ini rutin diselenggarakan setiap tahun. Tujuannya agar para peternak meningkatkan kualitas hewan kurban. Selain itu juga untuk menghindari hewan kurban yang tidak memenuhi syarat sesuai syariah.

Untuk mencegah adanya peredaran hewan kurban sakit, maupun tidak layak konsumsi, pemkab juga memerintahkan dinas terkait untuk melakukan pengawasan kepada setiap penjual hewan kurban.