Sukses

Gubernur Papua Mangkir dari Panggilan Bareskrim Polri

Gubernur Papua Lukas Enembe juga tidak memberikan alasan mangkir dari panggilan penyidik hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Papua Lukas Enembe mangkir dari panggilan penyidik Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri. Sejatinya ia diperiksa pada Selasa ini terkait kasus dugaan korupsi penggunaan anggaran pendidikan berupa beasiswa untuk mahasiswa Papua tahun anggaran 2016.

"Gubernur Papua tidak memenuhi panggilan," kata Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri Brigjen Ahmad Wiyagus saat dihubungi di Jakarta, Selasa (22/8/2017).

Lukas, sambung Wiyagus, juga tidak memberikan alasan mangkir dari panggilan penyidik hari ini.

Dia mengatakan, pihaknya akan kembali melayangkan panggilan terhadap Lukas. Sebab, keterangan yang bersangkutan amat dibutuhkan untuk penyelidikan kasus dugaan korupsi tersebut.

"Karena ini proses penyelidikan, ini undangan pertama untuk klarifikasi. Nanti akan dijadwal ulang, tidak ada konfirmasi dari yang bersangkutan atas ketidakhadirannya," ucap Wiyagus.

Sebelumnya, Wakil Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Komisaris Besar Erwanto mengatakan, sampai hari ini tidak ada kabar dari Gubernur Papua atau kuasa hukumnya.

"Kemarin kami cek ke Pemprov, yang bersangkutan tidak ada di kantor," kata Erwanto kepada wartawan di Jakarta.

Begitu pula dengan Sekretaris Pribadi Gubernur Lukas yang tidak mengetahui keberadaan atasannya tersebut, termasuk keberadaan di luar negeri atau di dalam negeri.

"Tapi dipastikan surat undangan sudah diketahui yang bersangkutan," ujar Erwanto.


Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.