Sukses

Pesan Amirul Hajj Lukman Hakim untuk Jemaah Haji di Jeddah

Liputan6.com, Jeddah - Amirul Hajj yang juga Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, telah tiba di Bandara King Abdul Azis, Jeddah, Minggu malam, 20 Agustus 2017. Amirul Hajj datang bersama naib amirul hajj, anggota, dan staf sekretariatan.

Dari pantauan tim Media Center Haji (MCH), Amirul Hajj Lukman Hakim keluar dari gate kedatangan pada pukul 21.45 waktu Arab Saudi. Kedatangan Lukam Hakim disambut Duta Besar RI Agus Maftuh Abegebriel dan Konsul Jenderal RI di Jeddah, Mohamad Hery Saripudin.

Turut mendampingi, Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah Prof Nizar Ali, Direktur Pelayanan Luar Negeri Sri Ilham Lubis, Direktur Bina Haji Khoirizi HD, Kepala Biro Humas Kemenag Mastuki, Ketua PPIH Ahmad Dumyathi Basori, dan Kadaker Bandara Arysad Hidayat

Begitu tiba, Lukman Hakim dan rombongan langsung menyapa jemaah haji kloter 47 Jakarta (JKG 47) di Plasa B Bandara King Abdul Azis. Kedatangan Menteri Agama RI ini membuat heboh jemaah. Mereka berebut untuk bersalaman dan berswafoto.

"Ibu dan Bapak sekarang sudah ada Jeddah, sebentar lagi kami akan antar ke Mekah. Seperti diketahui, Mekah saat ini sudah padat sekali. karena itu, Ibu dan Bapak agar selalu berjalan dengan rombongan," kata Menag Lukman Hakim di Bandara Jeddah, Minggu 20 Agustus 2017 malam.

Menag kemudian menyapa jemaah haji lansia yang menggunakan kursi roda. Dengan penuh kerendahan hati, Menag Lukman berjongkok agar dapat berbincang dengan Syuf'ah binti Suhari (87) asal Cigading, Cilegon, Banten. Menag kemudian menyalami Syuf'ah dan berbincang-bincang.

Lukman Hakim menanyakan kondisi Syuf'ah dan menanyakan dengan siapa dia berangkat haji. Menag kemudian meminta kepada anak yang mendampingi Syuf'ah agar senantiasa selalu menjaganya.

Setelah itu, Menag kemudian menyapa Ahmad Safei Damin (75) asal Tegal Wangi, Cilegon, Banten. Kemudian Menag menghampiri Madasan Jami Dasim yang juga berasal dari Cilegon, Banten. Menag dan Dubes RI kemudian memberikan makan malam untuk ketiga jemaah asal Cilegon itu.

"Ibu dan Bapak, ini makanan yang akan dibagikan di bus. Tapi Bapak dan Ibu juga boleh makan di tempat tunggu ini," kata dia.

Setelah menyapa jemaah, Menag kemudian melihat bus yang akan mengantar jemaah ke Mekah. Dia memeriksa kondisi bus dan memeriksa seluruh fasilitas yang ada di dalamnya.

"Alhamdulilah saya sudah tiba bersama dengan rombobgan Amirul Haj dan saya menyempatkan diri untuk menyapa jemaah. Saya sudah cek busnya yang benar-benar baru dan juga makanan untuk jemaah. Alhamdulilah kualitas makanannya cukup baik," tutur Lukman.

Amirul Hajj, Menag akan memimpin langsung penyelenggaraan ibadah haji di Tanah Suci. Dia berharap proses penyelenggaraan ibadah haji tahun ini berjalan dengan baik, lancar, dan tidak ada kendala.

Berikut ini susunan Amirul Hajj pada Penyelenggaran Haji 1438H/2017M:
1. Amirul Hajj: Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin
2. Naib Amirul Hajj:
a. Muhammad Musthofa Aqiel (Rais Pengurus Besar Nahdhatul Ulama)
b. Abdul Mu’ti (Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah)
3. Sekretaris: Abdul Djamil (Guru Besar Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Walisongo Semarang)
4. Anggota:
a. Habib Zaid Bachmid (Kabid Da’wah PP Al Irsyad),
b. Yusnar Yusuf Rangkuti (Ketua Umum PB Al Wasliyah),
c. Mohammad Haris Shodaqoh (Pengasuh Ponpes Al Itqon Semarang),
d. Aly Mas’adi Tasri Marzuqi (Pengasuh Ponpes Darul Hikmah Jawa Timur),
e. Mukhtar Latip (Ketua Bidang Pendidikan Tarbiyah - Perti),
f. Muhammad Asrorun Niam (Sekretaris Komisi Fatwa MUI Pusat Jakarta),
g. Oke Setiadi Affendi (Sekjen PB Mathla’ul Anwar), dan
h. Akmal Taher (Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Peningkatan Pelayanan).
5. Staf Sekretariat:
a. Khoirul Huda Basyir (Kabag Tata Usaha Pimpinan pada Biro Umum Sekjen Kementerian Agama)
b. Anang Kusmawadi (Kabag Perancangan Peraturan Perundang-Udangan dan Naskah Perjanjian Biro Hukum dan KLN Sekjen Kementerian Agama).

Setelah berada di Tanah Suci, delegasi Amirul Hajj akan kembali ke Tanah Air pada 11 September 2017.

Saksikan video menarik di bawah ini:

Loading