Sukses

Upacara HUT ke-72 RI di Istana, Paspampres Juga Berbaju Adat

Liputan6.com, Jakarta - Pakaian adat menjadi syarat wajib pada perayaan HUT ke-72 RI di Istana Merdeka, Jakarta. Pakaian adat juga dikenakan oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Para anggota Paspampres tampak sedang merapikan pakaian adat yang mereka kenakan. Mereka berkumpul di pintu belakang sisi Barat Istana Merdeka, Kamis (17/8/2017).

Anggota Paspampres yang biasanya mengenakan setelan jas memang langsung menyita perhatian ketika tampil dengan pakaian adat dalam rangka HUT ke-72 RI. Mereka tampak saling merapikan pakaian satu sama lain.

Pakaian adat yang dikenakan juga tidak hanya dari satu daerah. Ada yang mengenakan pakaian adat Bugis, Bali, Minang, dan Palembang. Tapi, mereka seragam mengenakan celana panjang.

"Asal bukan Jawa, karena kalau pakai kain kita agak sulit bergerak. Faktor pengamanan tetap yang utama," kata Wadan Grup A Paspampres Letkol Efhardian di lokasi.

Penggunaan baju adat untuk upacara HUT ke-72 RI ini memang sudah disiapkan sebulan sebelumnya. Para menteri juga akan menggunakan pakaian adat.

"Semua nanti menteri semua juga pakai baju adat," pungkas Efhardian.

 

Saksikan video di bawah ini:

Loading