Sukses

Jokowi Jadi Inspektur Upacara Peringatan HUT ke-72 RI di Istana

Upacara HUT ke-72 RI akan ditandai dengan 17 kali tembakan meriam, sirine, bedug di masjid, dan lonceng gereja selama satu menit.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia di Istana Kepresidenan pada Kamis (17/8/2017). Berbagai acara digelar sebelum upacara dilangsungkan.

Sebelum upacara dimulai, para tamu undangan yang hadir akan dihibur dengan tarian kolosal dan persembahan lagu-lagu. Para penari akan beraksi di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta.

Upacara dimulai dengan kirab pembawa Bendera Pusaka dan Naskah Proklamasi dari Monas menuju Istana Merdeka. Budaya kirab ini sudah dimulai pada sejak tahun lalu dan diteruskan pada tahun ini.

Presiden Jokowi akan bertindak sebagai Inspektur Upacara HUT ke-72 RI. Para pejabat negara, baik menteri Kabinet Kerja maupun pemimpin lembaga dan instansi, akan mendampingi Presiden Jokowi di mimbar utama.

Upacara detik-detik proklamasi akan ditandai dengan 17 kali tembakan meriam, sirine, bedug di masjid, dan lonceng gereja selama satu menit.

Upacara dilanjutkan dengan pembacaan naskah Proklamasi yang dibacakan Ketua MPR Zulkifli Hasan. Pengibaran bendera pusaka kemudian dilaksanakan oleh tim Paskibraka yang telah dikukuhkan Presiden Jokowi sebelumnya.

Tak ketinggalan, aksi dari pesawat tempur F16 dan Sukhoi yang melakukan fly pass akan menghiasi langit Istana Merdeka sesaat sebelum upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI selesai.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.