Sukses

Djarot: Bulan Patuh Trotoar Dimulai Besok

Djarot berharap penertiban secara masif dapat mengubah perilaku warga Jakarta yang kerap menggunakan trotoar sebagai jalan motor.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat telah menandatangani Instruksi Gubernur terkait Bulan Patuh Trotoar. Kebijakan tersebut akan dimulai Selasa, 1 Agustus.

"Agustus ini kita bulan tertib trotoar dan saya sudah tanda tangani instruksi gubernurnya, dimulai besok," kata Djarot di Balai Kota Jakarta, Senin (31/7/2017).

Djarot berharap dengan adanya penertiban secara masif dapat mengubah perilaku warga Jakarta yang kerap menggunakan trotoar sebagai jalan motor, parkir dan berjualan.

"Kami ingin ada perubahan perilaku dari masyarakat kita, supaya kalau menggunakan jalan itu harus sesuai dengan fungsinya. Trotoar untuk jalan kaki, bukan untuk motor atau mobil, bukan untuk jualan. Waktu itu saya sampaikan kalau trotoar lebar banget, pinggir trotoar itu dikasih tanaman," ungkap Djarot.

Mantan Wali Kota Blitar itu juga mengingatkan, penempatan pot tanaman adalah di pinggir trotoar bukan di tengah.

"Saya waktu itu marah besar karena ada pot atau tanaman bunga itu ada di tengah-tengah trotoar. Itu yang membuat orang pejalan kaki terhambat. Itu harusnya minggir," tandas Djarot.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.