Sukses

Mega Hadiri Peringatan Hari Lahir Pancasila di Blitar

Pada malam harinya, rombongan dijadwalkan menuju areal makam Bung Karno, di Kelurahan Bendogerit.

Liputan6.com, Kediri - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan menghadiri peringatan Hari Lahir Pancasila serta Bulan Bung Karno di Kota Blitar, Jawa Timur, pada 5-6 Juni 2017.

"Sesuai dengan jadwal, Ibu Megawati akan hadir dalam acara di sini. Jadwalnya 5-6 Juni," kata Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat dan Protokol Pemkot Blitar, Gigih Mardana, di Blitar, Minggu 4 Juni 2017.

Ia mengatakan, acara tersebut sebenarnya internal partai, sehingga dari pemerintah kota hanya mendampingi. Nantinya, acara juga diselenggarakan di areal makam mantan Presiden Sukarno di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar.

Rombongan Megawati dijadwalkan datang ke Blitar hari ini, Senin (5/6/2017). Rombongan akan menggunakan jalur udara ke Bandara Abdulrachman Saleh, Malang, kemudian lewat darat ke Blitar sejauh sekitar 75 kilometer. Demikian dilansir dari Antara.

Mereka akan menginap di sebuah hotel di Kota Blitar. Pada sore hari, rombongan dijadwalkan menuju Pendopo Ronggo Hadi Negoro, Jalan Semeru Kota Blitar.

Pada malam harinya, rombongan dijadwalkan menuju areal makam Bung Karno, di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. Di makam tersebut, juga digelar khataman kitab suci Alquran, yang dimulai sejak pagi hingga petang.

Di tempat tersebut, diagendakan ribuan kader PDIP juga berkumpul. Megawati dijadwalkan memberikan pidato dalam rangka perayaan Hari Lahir Pancasila dan Hari Lahir Presiden Sukarno.

Sementara itu, pada hari kedua, Selasa 6 Juni 2017, Megawati juga dijadwalkan akan meresmikan patung Bung Karno, di Simpang Tiga Herlingga Kota Blitar. Setelahnya, ia akan melanjutkan perjalanan pulang melalui jalur darat ke Malang, menuju Bandara Abdul Rachman Saleh.

Dalam kegiatan tersebut, sekitar 6.000 kader PDIP se-Indonesia akan hadir. Sejumlah menteri dari PDIP juga direncanakan hadir, yaitu Mendagri Tjahjo Kumolo, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, dan Menkumham Yasonna H Laoly. Selain itu, sejumlah anggota DPR dari pusat hingga daerah, kepala daerah, serta perwakilan pengurus partai juga akan hadir.

Sementara itu, Kepolisian Resor Kota Blitar juga akan menerjunkan personelnya untuk pengamanan. Hal itu agar acara berjalan tertib dan lancar.

"Anggota yang diterjunkan sekitar 200 personel. Tapi, kami tetap koordinasi dengan bagian protokol nanti," kata Paur Humas Polres Kota Blitar Bripka Joko Pramusinto.

Ia juga mengatakan, hingga saat ini kondisi di Kota Blitar relatif kondusif, termasuk belum ada informasi soal adanya rencana unjuk rasa ataupun aksi lain yang dilakukan bersamaan dengan kedatangan rombongan Megawati tersebut.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.