Sukses

Gunakan Boraks, Pabrik Tahu di Bogor Digerebek

Dari keterangan pemilik, pabrik tahu itu sudah beroperasi sekitar 2,5 tahun.

Liputan6.com, Bogor - Pabrik tahu di Desa Cigudeg, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, digerebek aparat Kepolisian Sektor Cigudeg. Seorang pria berinisial SP (50) selaku pemilik pabrik diamankan polisi karena memproduksi tahu menggunakan bahan kimia jenis boraks.

Dari penggerebekan itu, polisi menemukan barang bukti berupa tujuh kuintal kacang kedele siap giling, satu karung boraks, dan 12 kotak berisi tahu jadi. Barang bukti tersebut kemudian dibawa ke BPOM untuk dilakukan uji sempel.

Kanit Reskrim Polsek Cigudeg, AKP Asep Saefudin mengatakan, penggerebekan pabrik berawal dari laporan masyarakat terkait adanya penjual tahu yang menggunakan boraks di los Pasar Cigudeg beberapa hari lalu.

"Dari informasi itu polisi melakukan pengembangan dan menemukan tahu menggunakan borax," kata Asep, Bogor, Rabu (31/5/2017).

Dari keterangan pemilik, pabrik tahu itu sudah beroperasi sekitar 2,5 tahun. Setiap hari SP mampu mengolah tujuh kuintal kedelai dicampur dua kilogram borax dan menghasilkan ratusan tahu.

"Tahu-tahu itu dipasarkan di wilayah Cigudeg, Cibugbulang, dan Leuwiliang," kata Asep.

Selain SP, polisi juga memeriksa beberapa pekerja pabrik tahu tersebut. Menurut Asep, jika terbukti, SP dapat dijerat dengan Pasal 136 huruf b jo Pasal 75 ayat 1 UU RI NO. 18 Tahun 2012 tentang Pangan dengan ancaman hukuman paling lama 5 tahun atau denda Rp 10 miliar.

"Hingga saat ini polisi masih memeriksa pemiliknya," ucap Asep.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.