Sukses

Menteri BUMN Ajak Pengusaha Kelautan Hadiri Forum Pelabuhan Dunia

Rini mengatakan forum pelabuhan dunia penting guna mewujudkan nawa cita untuk Indonesia yang lebih baik

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Rini Soemarno mengajak para pelaku bisnis maritim, perusahaan bongkar muat, pemilik kapal,kargo, asosiasi di bidang kemaritiman lainnya untuk menghadiri perhelatan IAPH Worlds Port Conference akan digelar pada 7-12 mei 2017 di Nusa Dua Bali.

Dia menuturkan, IAPH World Port Conference ke-30 merupakan ajang penting yang mempertemukan pelaku Industri di seluruh dunia untuk membahas perkembangan Industri maritim, kepelabuhan, logistik, serta berbagai industri terkait lainnya.

"Kementerian BUMN mengajak semua stakeholder kemaritiman dan BUMN untuk memanfaatkan event yang diinisiasi oleh PT Pelindo I, II, III dan IV (Persero) tersebut,” ujar Rini Soemarno, Jakarta, Selasa (2/5/2017).

Konferensi tersebut akan mengusung enam tema besar terkait dengan Zona Ekonomi Ekslusif, Konektivitas Hinterland dan Multimodal Logistik, Evolusi Industri Pengiriman dan Rute Pengapalan, Jaringan Transport kelautan dan Inovasi Pelabuhan, Kolaborasi Antar Pelabuhan, dan salah satu sesi unggulan adalah Transformasi Maritim Indonesia.

Pelindo II yang ditunjuk sebagai ketua penyelenggara konferensi ini bersama sama dengan Pelindo I,III, dan IV, akan memanfaatkan ajang ini untuk menyampaikan rencana-rencana strategis dunia maritim Indonesia khususnya di bidang pengembangan pelabuhanan.

Dalam kesempatan itu para partisipan juga akan diajak mengunjungi New Priok Terminal sebelum kemudian bertolak ke Bali.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut juga terdapat pameran dari berbagai pelaku industri maritim internasional yang akan menampilkan inovasi dan terobosan di dalam dunia maritim di dunia.  

"Kami dari Kementerian BUMN menyambut baik acara tersebut, untuk menggali berbagai potensi ekonomi di sektor maritim. Event ini penting guna mewujudkan nawa cita untuk Indonesia yang lebih baik," imbuhnya.

Kegiatan tersebut merupakan bagian upaya untuk menggaungkan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Program yang diluncurkan Presiden Jokowi diwujudkan salah satunya dengan ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah dalam konferensi IAPH yang ke-30 di Nusa Dua Bali.

Lebih lanjut Rini mengharapkan lebih banyak stakeholder (terutama BUMN) yang terlibat dalam perlehatan internasional ini.

Event yang yang diselenggarakan oleh Pelindo I,II,III, dan IV tersebut merupakan sebuah wujud sinergitas yang baik antara BUMN dalam mewujudkan nawacita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini