Sukses

Video TikTok Rekam Detik-Detik Sebelum Kecelakaan Maut Siswa SMK Lingga Kencana Depok, Pengunggah Masih Sempat Ngelive

Sebuah video TikTok yang diunggah pengguna @yt_xenn25 menunjukkan detik-detik menegangkan kecelakaan maut yang menimpa rombongan karya wisata SMK Lingga Kencana Depok pada Sabtu, 11 Mei 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video TikTok berdurasi 54 detik yang diunggah oleh akun @yt_xenn25 pada hari ini, Minggu, (12/5/2024) menunjukkan detik-detik menegangkan kecelakaan rombongan karya wisata SMK Lingga Kencana Depok. Video yang berasal dari rekaman Live TikTok tersebut diketahui diunggah oleh salah satu siswa yang ikut dalam perjalanan perpisahan itu.

"Ini moment ku kecelakaan pas aku lagi live semalam, akibat kecelakaan rem blong bis memang tidak sehat.... maaf yah gabisa live dlu maaf banget #depok24jam #depok #fyp #viral #kecelakaanbus" tulis si pengunggah pada keterangan.

Dalam video tersebut, si pengunggah tampak sedang asyik Live TikTok ketika tiba-tiba latar suara berisikan teriakan penumpang yang menyeru "Allahu Akbar," karena bis mengalami rem blong dan hilang kendali. Video sempat menjadi buram selama beberapa saat hingga kamera kembali menampilkan kaca yang pecah dan wajah si pengunggah video dengan latar suara jeritan orang-orang yang terlibat kecelakaan.

"Sumpah ges, gue kecelakaan cok. Gua kecelakaan. Bentar ye ges ya bentar ya. Remnya blong bentar," ucap si pengunggah di dalam video. Ia tampak terlempar ke luar dari bis dengan latar belakang video yang menunjukkan atap rumah. Wajahnya pun tampak berkaca-kaca sambil mengakhiri Live TikTok tersebut.

Kecelakaan yang menyebabkan 11 orang meninggal dunia tersebut diketahui terjadi pada Sabtu, 11 Mei 2024 sekitar pukul 18.45 WIB di jalan raya dari Subang menuju Bandung. Selain melibatkan bus pariwisata tersebut, kecelakaan juga mengenai beberapa kendaraan lain yaitu, sebuah mobil Daihatsu Feroza dan tiga buah sepeda motor.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warganet Kaget Si Pengunggah Video Tiba-Tiba Berada di Luar

Video tersebut langsung ramai diserbu oleh warganet Indonesia, bahkan sudah tersebar ke luar TikTok seperti X  (Twitter) dan Instagram. Hal yang paling menarik perhatian adalah si pengunggah yang tiba-tiba berada di luar bus dalam video tersebut. Banyak yang bertanya-tanya perihal bagaimana ia bisa sampai di luar bus.

"bang knp tiba2 elu di dalam warung," komentar seorang pengguna TikTok.

"dia keluar lewat mana dah?"tanya warganet yang lain.

"kok bisa setenang itu," ucap warganet lain yang kebingungan dengan reaksi si pengunggah video.

Warganet banyak yang berspekulasi bahwa si pengunggah video terpental ke luar dari bus lewat jendela dan duduk di sisi kiri bus sehingga tidak  mengalami luka yang berat. Selain itu, ada juga yang berusaha memastikan bahwa si pengunggah video baik-baik saja pascakecelakaan.

"kondisi bg gimana sekarang?" tanya seseorang.

"aman yuhu cuma luka ringan,' jawabnya dengan santai.

Selain itu, si pengunggah juga meminta doa kepada warganet untuk korban-korban lain yang merupakan teman-temannya. 

 

3 dari 4 halaman

Korban Meninggal Kecelakaan Bus SMK Lingga Kencana Depok Bertambah Jadi 11 Orang

Dikutip dari kanal News Liputan6.com, Minggu, Kepala Bidang Humas Polda Jawa Bararat Kombes Jules Abraham Abast mengonfirmasi ada 11 orang yang dinyatakan meninggal dunia dalam kecelakaan maut yang menimpak rombongan SMK Lingga Kencana Depok, Sabtu, 11 Mei 2024 malam.

Namun, Jules belum bisa merinci siapa saja 11 orang yang meninggal dunia atas kecelakaan tersebut. Jules sebelumya menjelaskan kronologi kecelakaan. Awalnya, Bus Trans Putera Fajar (rombongan SMK Lingga Kencana) datang dari arah selatan menuju utara. Kendaraan diduga oleng ke kanan saat melaju dengan kondisi jalan yang menurun.

Kecelakaan lalu lintas pun tak terhindarkan. Total, ada lima kendaraan yang terlibat yaitu Bus Trans Putera Fajar, Daihatsu Feroza dan tiga unit sepeda motor.

Oleng ke kanan menabrak kendaraan Feroza dari arah berlawanan kemudian terguling miring ke kiri posisi ban kiri di atas dan terselusur sehingga menabrak tiga sepeda motor yang terparkir di bahu jalan," kata dalam keterangan tertulis.

Jules mengatakan, bus tersebut terhenti setelah menabrak tiang yang ada di bahu jalan arah Subang menuju Bandung tepat di depan Masjid As Sa’adah.

"Kasus kecelakaan masih dalam penyelidikan," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Kesaksian Guru Sebelum Bus Kecelakaan: Siswa Teriak Allahu Akbar

Seorang guru pendamping SMK Lingga Kencana menuturkan kesaksiannya sebelum kecelakaan bus itu terjadi. Dilansir dari kanal Bisnis Liputan6.com, Bus Trans Putera Fajar dengan pelat nomor AD 7524 OG tersebut sempat sempat oleng hingga kemudian terguling. 

"Karena gelap posisinya, semakin oleng. Anak-anak di dalam tuh teriak Allahu Akbar Allahu Akbar. Anak anak pada teriak, tiba tiba jatuh nggak gitu lama dari itu," kata Guru pendamping SMK Lingga Kencana, Adawiyah dikutip dari Antara, Minggu.

Sementara itu, Penjaga Sekolah SMK Lingga Kencana, Tri mengatakan, bus itu terlibat kecelakaan saat sedang menuju arah pulang ke Depok. Namun, bus yang mengangkut puluhan orang itu lebih dulu ke Tangkuban Perahu.

"Kalau kejadian di sana saya enggak tahu ya, cuma kan saya dapet info pulangnya saja jam 5 (sore) dari sana berangkat. Jadi sebelum pulang otw ke Depok, dia ke Tangkuban Perahu dulu, terus saya dapat info dari media katanya ada kejadian SMK di Depok itu ada kecelakaan di turunan Ciater, itu saja," kata Tri kepada wartawan di SMK Lingga Kencana, Depok, Jawa Barat, Sabtu, 11 Mei 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.