Sukses

Hadiri Pertemuan MSG, Kapolri Bantu Bentuk Pasukan Perdamaian

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menggelar pertemuan dengan sejumlah perwakilan dari Malanesian Spearhead Group (MSG).

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menggelar pertemuan dengan sejumlah perwakilan dari Malanesian Spearhead Group (MSG). Pertemuan yang digelar di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat itu, Tito membahas berbagai hal dengan empat perwakilan kepolisian dari MSG yaitu Fiji, Papua Nugini, Kepulauan Solomon, dan Vanuatu.

Salah satu materi yang dibahas yaitu tentang kerja sama antarkepolisian dan pembentukan departemen dalam menunjang operasi pasukan perdamaian.

"Jadi teman-teman MSG juga ingin membentuk seperti FPU (Formed Police Units)," kata Kapolri Tito di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa 14 Maret 2017.

Tito menambahkan, para perwakilan delegasi empat negara itu juga ingin mempelajari bagaimana membentuk satuan kepolisian di berbagai daerah dan akademi kepolisian. Ia berjanji akan memberikan pengalaman dalam membentuk satuan kepolisian dan mengelola akademi kepolisian.

"Kita akan memberikan pelatihan dalam hal itu pembentukan regional police academy. Mereka ingin membentuk police academy. Kami kan ada Akpol dan sekolah polisi negara di semua provinsi. Kita sharing ke mereka," tambah Tito.

Dalam pertemuan dengan MSG itu turut dibahas perihal transnational crime di antaranya peredaran narkoba, people smugling, weapon smugling, dan terorisme.

"Kita akan share dalam urusan ini," ucap Kapolri Tito.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini