Sukses

Begini Pengamanan Lalu Lintas Saat Raja Salman ke Istana Bogor

Raja Salman dan rombongan akan langsung diarahkan menuju Tol Jagorawi.

Liputan6.com, Jakarta - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud dijadwalkan tiba di Jakarta hari ini. Setelah mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Raja Salman beserta rombongan akan langsung menuju Istana Bogor, Jawa Barat, untuk bertemu Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Pola pengamanan untuk menyambut kedatangan Raja Salman dan rombongan juga sudah disiapkan oleh aparat kepolisian. Satu di antaranya terkait dengan pengamanan lalu lintas.

"Pengamanan Raja Salman adalah tamu negara, sama kita berlakukan seperti tamu-tamu negara lainnya. Seperti Barack Obama yang beberapa waktu lalu pernah ke mari dan pemimpin negara-negara lainnya, kita berlakukan yang sama," kata Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Royke Lumowa di Korlantas Polri, Jakarta, Rabu (1/3/2017).

Royke menambahkan, pihaknya juga sudah menyiapkan pola pengamanan lalu lintas pada saat Raja Salman dan rombongan menuju Istana Bogor. Nantinya, kata Royke, Raja Salman dan rombongan akan langsung diarahkan menuju Tol Jagorawi.

"Akses-akses yang mengarah ke Tol Jagorawi, 5-10 menit sebelum beliau lewat sudah berangsur-angsur dikurangi sampai exit tol Baranangsiang," ucap Rokye.

Royke memastikan, jalan tol Jagorawi juga akan ditutup. Namun, penutupan jalan tidak dilakukan terus-menerus atau seharian penuh.

"(Penutupan) pada saat beliau lewat saja. Sebagian arus di Jagorawi kita keluarkan di pintu-pintu tol seperti Sentul, Sentul Selatan, dan lain-lain. Sistemnya seperti itu, tidak diblok secara total," terang Royke.

Meski demikian, Royke meminta masyarakat atau pengguna jalan lainnya untuk menjalankan aktivitas seperti biasa. Ia menjamin pihaknya tidak akan mengurangi kenyamanan para pengguna jalan.

"Tidak mungkin kita tutup jalan, rombongan mau lewat jam 7 misalnya, kita tutup jalan dari jam 5. Kan tidak begitu. Bagaimana kita mengakomodasikan kepentingan pengamanan VVIP dengan pelayanan masyarakat. Kita harus ada keseimbangan," ujar Royke lagi.

Raja Salman dan rombongan dijadwalkan akan berada di Indonesia pada 1-9 Maret 2017. Hari pertama, Raja Salman akan bertemu Presiden Jokowi dan menteri kabinetnya di Istana Bogor. Sorenya, Raja Salman langsung kembali ke Jakarta.

Kamis, 2 Maret 2017, Raja Salman dijadwalkan akan berkunjung dan berpidato di Gedung DPR-MPR, Senayan, Jakarta. Selanjutnya, sang Raja akan berkunjung ke Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Pada Sabtu, 4 Maret 2017, Raja Salman dan rombongan dijadwalkan sudah berada di Bali. Mereka akan menghabiskan waktu di Pulau Dewata hingga Kamis 9 Maret 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini