Sukses

Live Report Kunjungan Raja Salman Hari Pertama

Liputan6.com, Jakarta - Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud menyambangi Indonesia pada 1-9 Maret 2017. Raja Arab Saudi itu membawa rombongan 1.500 orang, termasuk menteri dan pangeran.

Raja Salman tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta sekitar pukul 12.00 WIB, hari ini, Rabu (1/3/2017). Kedatangan Raja Salman akan disambut Presiden Joko Widodo dan akan langsung menuju Istana Bogor.

Ikuti perkembangan berita terkini kedatangan Raja Salman di hari pertama ke Tanah Air secara langsung di Liputan6.com.

Update 17.20 WIB

Raja Salman meninggalkan Istana Bogor menuju ke Jakarta. Raja Salman akan langsung ke Raffles Hotel And Premiun Residence, Mega Kuningan, Jakarta Pusat.

Di hotel ini, Raja Salman dan rombongan dari Arab Saudi akan menginap selama tiga hari.

Update 16.00 WIB

Raja Salman bersama Presiden Jokowi menyaksikan penandatangan 10 nota kesepahaman atau MoU di Istana Bogor. Penandatanganan MoU itu dilakukan sejumlah menteri dari kedua negara.

Sebelum penandatangan MoU, Raja Salman menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Jokowi. Pertemuan kedua pemimpin negara ini berlangsung di Ruang Karya Sukarno, Istana Bogor.

Presiden Jokowi bersama Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz (MI/PANCA SYURKANI/POOL)

Update 14.22 WIB

Presiden Joko Widodo dan Raja Salman langsung melakukan pertemuan bilateral di Istana Bogor, Jawa Barat. Dalam ruang pertemuan, Raja Salman dan Jokowi berbincang. Sebelum memasuki ruang pertemuan, Jokowi dan Raja Salman berkeliling Istana Bogor dengan menggunakan mobil lantaran hujan masih terus mengguyur.

Update 13.59 WIB

Presiden Joko Widodo menyambut kedatangan Raja Salman. Di tengah guyuran hujan, Raja Salman turun dari mobil. Jas yang dikenakan Presiden Jokowi pun basah lantaran diguyur hujan. Sementara Raja Salman dipayungi. Seluruh menteri Kabinet Kerja pun mengantre bersalaman dengan Raja Salman.

Update 13.50 WIB

Raja Salman tiba di Istana Bogor. Hujan deras pun sambut kedatangan Raja Arab Saudi itu. Selain itu, masyarakat yang tengah menunggu kedatangan Raja Salman pun bersorak sorai ketika rombongan dari kerajaan Arab itu melintas di jalan.

Update 13.23 WIB

Usai menyambut Raja Salman di Bandara Halim Perdanakusuma, Presiden Jokowi lebih dulu menuju ke Istana Bogor. Presiden Jokowi pun telah tiba di depan halaman Istana Bogor.

Jokowi sempat berjalan dari sisi kanan istana ke halaman utama untuk melihat situasi penyambutan.

Tampak Jokowi berbincang dengan Danpaspampres Mayjen Mar Bambang Suswantono dan Karo Protokol Istana.

Update 12.57 WIB

Raja Salman meninggalkan Bandara Halim Perdanakusuma. Dia didampingi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di dalam mobil berpelat 'Saudi Arabia'.

Sementara Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggunakan mobil RI1 menuju Istana Bogor agar bisa menyambut rombongan di sana.

Raja Salman menuju ke Istana Bogor. (Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)

Update 12.48 WIB

Pesawat Raja Salman tiba di bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Eskalator khusus yang dibawa dari Arab Saudi telah bersandar di pintu pesawat.

Mengenakan gamis putih dibalut kain cokelat dan serban merah di kepala, Raja Salman keluar dari pesawat dan langsung menuruni eskalator. Saat menginjak tanah Indonesia, Raja Salman langsung disambut Presiden Jokowi dan sejumlah pejabat negara.

Update 12.19 WIB

Presiden Jokowi tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, untuk menyambut tamu negara yakni Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al Saud beserta rombongan.

Pantauan Liputan6.com, Jokowi tiba sekitar pukul 11.45 WIB. Selain sang kepala negara, tampak pula Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Gubernur DKI Jakarta Ahok dan beberapa pejabat negara lainnya.

Update 12.04 WIB

Jumlah delegasi yang dibawa Raja Salman bin Abdulaziz al Saud ke Indonesia bertambah. Semula, Raja Arab Saudi itu membawa 10 menteri dan 25 pangeran. Kini menjadi 14 orang.

Penambahan delegasi ini, kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung tidak akan menjadi masalah bagi persiapan penyambutan Raja Salman dan rombongan.

Penambahan jumlah rombongan ini sudah dilaporkan oleh Istana Kerajaan Arab Saudi ke pemerintah Indonesia sejak satu minggu lalu

Update 11.26 WIB

Istana Bogor sebagai lokasi pertemuan Raja Arab Saudi dengan Presiden Joko Widodo terus mempercantik diri.

Seluruh pekerja dan pihak yang terlibat dalam prosesi penyambutan Raja Salman tampak sibuk mempersiapkan diri.

Di sisi belakang Istana, para pekerja kebun tengah menyiapkan lokasi acara penamanan pohon yang akan dilakukan Raja Salman dengan para pangeran. Pekerja terlihat lalu lalang memastikan karpet hijau di tempat itu bersih dari sampah daun.

Di sisi lain, tim penari sedang gladi resik. Mereka tampak berlatih lengkap dengan belasan gendang yang akan menghibur Raja Salman.

Kesibukan juga tampak di depan Aula Garuda Istana Bogor. Pegawai Istana terus melengkapi tampilan balkon di sana. Tampak karpet merah sudah membentang di sepanjang jalan dari halaman Istana menuju Balkon Aula Garuda.

Beberapa petugas terus melengkapi tampilan dengan berbagai dekorasi kain putih di sisi tangga.

Update 11.04 WIB

Sejumlah persiapan akhir dilakukan di Bandara Halim Perdanakusuma. Salah satunya adalah menyiapkan tangga berjalan atau eskalator pesawat yang akan digunakan Raja Salman turun dari pesawat.

Eskalator yang telah tiba beberapa hari lalu ini kini telah posisi stand by di landasan untuk menyambut Raja Salman.

Pantauan Liputan6.com, terlihat sejumlah petugas bandara mengatur posisi eskalator tersebut. Sejumlah petugas dari perwakilan Kedubes Arab Saudi juga terlihat ikut memantau.

Update 11.00 WIB

Siswa Kota Bogor mulai berdatangan ke jalan yang akan dilalui Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud bersama rombongan ke Istana Bogor.

Mereka mulai memadati sepanjang pedestrian di Jalan Otista atau sekitar 50 meter dari kawasan Tugu Kujang hingga Istana Bogor.

Untuk menyambut kedatangan Raja Salman ke Istana Bogor, Pemerintah Kota Bogor melalui Dinas Pendidikan mengerahkan 60 ribu orang terdiri 50 ribu pelajar SD hingga SMA dan 10 ribu guru dan tenaga pendidik.

Update 10.30 WIB

Puluhan kendaraan mewah penjemput rombongan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud mulai bergerak meninggalkan lapangan parkir VVIP Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Salah satu petugas PM menyampaikan, kendaraan itu langsung mengarah ke lokasi pendaratan pesawat yang digunakan oleh Raja Salman dan rombongan.

Update 10.19 WIB

Puluhan orang dari Gerakan Muslimah Memilih Pemimpin (GMMP) sudah bersiap menyambut kedatangan Raja Salman di Bandara Halim Perdanakusuma. Para muslimah itu datang sejak pukul 08.00 WIB. Mereka berada tidak jauh dari ruang VIP Manggala Praja tempat Raja Salman singgah usai mendarat.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS