Sukses

Taruna STPI Bersih-bersih Lingkungan Pasar Curug

Liputan6.com, Tangerang Sebanyak 100 taruna Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug melakukan kegiatan pembersihan lingkungan di pasar curug tangerang, Banten (28/1). Pembersihan tersebut dilakukan pada fasilitas umum, danau buatan, dan drainase di sekitar pasar curug.

Ketua STPI, Novyanto Widadi, S.Pi, mengatakan bahwa kegiatan ini berawal dari pembersihan kampus dan berlanjut ke lingkungan masyarakat.

“Awalnya kita membersihkan kampus, namun kebersihan tidak hanya diperlukan di kampus saja, tapi juga di lingkungan sekitar kampus, kegiatan ini sebagai wujud kepedulian STPI terhadap komunitas di sekitar kampus," ujar Novy.

Hal ini bukan yang pertama kali dilakukan oleh taruna STPI, Novy mengungkapkan bahwa sebelumnya kegiatan serupa telah dilakukan di beberapa lokasi.

“Taruna juga sudah melakukan pembersihan di pasar legok, dan ke depan kita berencana akan membersihkan kawasan pasar dan stasiun parung panjang, dan ini akan dijadikan rutinitas taruna,” ujarnya.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari masyarakat curug, Kepala Desa Curug wetan, Kecamatan Curug, M. Sobri mengatakan bahwa kegiatan pembersihan oleh taruna STPI telah memberikan manfaat kepada masyarakat dengan hilangnya tumpukan sampah di belakang pasar curug.

“Saya sangat berterimakasih kepada STPI atas kegiatan bersih-bersih yang dilakukan, manfaatnya sangat dirasakan oleh warga, sampah di belakang pasar sudah bersih," kata Sobri.

Selain itu Sobri juga menceritakan pengalaman peran taruna STPI yang terlibat dalam kegiatan warganya membersihkan makam.

“Waktu itu juga pernah taruna STPI bersama warga RT 01 dan RT 04 membersihkan makam, kami sangat senang, para taruna akrab dengan warga dan sopan," ujarnya.

Masyarakat yang melihat kegiatan ini juga ikut terpancing dan turun langsung bergabung dengan taruna membawa peralatan seadanya membersihkan lingkungan mereka.

Selain implementasi dari tri dharma perguruan tinggi, yaitu pengabdian terhadap masyarakat, hal ini juga merupakan salah satu upaya untuk melatih taruna memiliki jiwa melayani dan berbaur di tengah masyarakat.

Powered By:

BPSDM Kementerian Perhubungan