Sukses

Kapolri Bahas Kebijakan Donald Trump dalam Rapim Polri

Menurut Tito, kebijakan Trump ketika menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat dapat berdampak signifikan terhadap dunia. Termasuk di Indone

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian angkat bicara mengenai dampak kebijakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Hal ini diungkapkan Tito ketika membuka acara Rapim Polri di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta Selatan.

Menurut Tito, kebijakan Trump ketika menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat dapat berdampak signifikan terhadap dunia, termasuk di Indonesia.

"Dampak situasi regional dan internasional seperti situasi Timur Tengah dan Donald Trump Effect memberikan dampak signifikan di dunia. Ini harus menjadi perhatian," ucap Tito di PTIK, Rabu (25/1/2017).

Tito menilai salah satu kebijakan Trump yang akan berdampak adalah di bidang Ekonomi. Kebijakan ekonomi Trump, ujar Tito, lebih mengutamakan kepada perlindungan ekonomi dalam negeri.

"Dia enggak begitu suka dengan perdagangan bebas, termasuk akan ada repatrisiasi. Juga tidak begitu favorit dengan liberal demokrasi. Ini membuat gelombang demokratisasi bisa menjadi terhenti," ucap Tito.

Selain itu, kebijakan Trump lainnya yang dianggap perlu diwaspadai adalah penghancuran kelompok radikal Islam.

"Jelas ini berpengaruh ke Indonesia yang mayoritas muslim. Kalau Suriah ditekan, maka akan ada gelombang returnis dari para Foreign Terror Fighter ISIS. Juga kerja sama dengan Rusia. Itu semua perlu diwaspadai," Tito memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini